Fadhil Sebut Perubahan RTRW Penentu Masuknya Investor ke Batanghari

  • Whatsapp
Fadhil Sebut Perubahan RTRW
Bupati Batanghari, M. Fadhil Arief. Foto: Rizki/Jambiseru.com

Jambiseru.com – Bupati Batanghari M. Fadhil Arief yang menjadi pembicara dalam acara webinar nasional Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) yang bertema “Pemulihan Ekonomi Nasional Melalui Inovasi Pemerintah Daerah Dalam Penanganan Covid 19”. Dalam kesempatan itu, ia menyebutkan perubahan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) sebagai pintu gerbang masuknya investasi di Bumi Serentak Bak Regam dan juga sebagai sentra pertumbuhan ekonomi yang baru.

“RTRW di Bumi Serentak Bak Regam ini sudah berusia sangat tua dan perlu disesuaikan. Karena keadaan existing di Batanghari sudah tidak sesuai lagi, jika kita ingin banyak investasi masuk ke Batanghari apa bila kita ingin membuat pusat-pusat pertumbuhan,” paparnya, Selasa (31/8/2021).

Baca Juga : 4 Pria dan 1 Wanita di Kerinci Ditangkap Polisi Gegara Pesta Narkoba

Dikatakan Fadhil, berdasarkan hal tersebut pihaknya tahun ini akan menyusun perubahan RTRW dan akan mengajukan perubahan tersebut akan disampaikan ke DPRD pada awal Januari 2022.

“Jika pembahasannya selesai dalam 3 sampai 4 bulan setelah diajukan dan dampakannya dari perubahan tersebut dapat dirasakan oleh masyarakat pada triwulan ke tiga Tahun 2022,” tuturnya.

Disebutkan Fadhil, salah satu contohnya nanti yang dapat merasakan perubahan RTRW adalah Kecamatan Pemayung karena akan ada lintasan tol trans Sumatra di wilayah tersebut. Namun, seiring perkembangan zaman kecamatan pemayung menjadi daerah pemukiman yang menjadi limpahan dari Kota Jambi dan Kabupaten Muara Jambi.

“Saat ini kecamatan pemayung full menjadi kawasan minapolitan. Jadi kita akan sesuaikan dengan existing yang ada, sebagian besar tetap minapolitan, sebagian besar menjadi industri menengah, kemudian menjadi daerah pemukiman, karena nanti akan menjadi sesuatu hal yang menarik bagi developer yang ada di provinsi jambi. Ini sebagian contoh kecil yang ada yang harus kita rubah,” jelasnya.