Hujan Buatan Atasi Kemarau dan Kabut Asap di Jambi

kondisi kota jambi
Kabut Asap Serang Kota Jambi. (Ist)

JAMBI, JambiSeru.com – Kondisi kualitas udara tidak sehat akibat kabut asap di Provinsi Jambi, membuat Pemprov Jambi dan gugus tugas lain seperti BNPB dan BPBD, mengadakan rekayasa cuaca dengan cara mengupayakan hujan buatan.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jambi Ariansyah menjelaskan, upaya hujan buatan itu merupakan hasil rapat BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) dengan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah).

“Hasil rapat memutuskan bahwa hujan buatan akan diadakan pada 3 sampai 7 Oktober 2023,” ungkap Ariansyah kepada media, Senin (2/10/2023).

Bacaan Lainnya

Menurutnya, hujan buatan ini perlu diupayakan mengingat kabut asap sudah menjadikan kualitas udara tidak sehat. Karena itu, upaya hujan buatan merupakan langkah yang harus dilakukan.

“Meski hari ini ISPU sudah menurun dibanding kemarin, tapi hujan buatan tetap dilakukan mulai besok,” jabar Ariansyah, lagi.

Sementara, Gubernur Jambi Al Haris, mengimbau agar masyarakat selalu menggunakan masker saat beraktifitas. Selain itu mengurangi kegiatan di luar dan menerapkan pola hidup sehat.

Selain itu, Al Haris yang kini menjabat sebagai Ketua APPSI (Asosiasi Pemerintah Provinsi se-Indonesia) 2023-2024 ini, meminta agar kegiatan belajar mengajar khususnya tingkat SMA sederajat, dilakukan secara daring selama beberapa hari ke depan.

Terpisah, Udin (45), warga Kasang Jambi, menyambut baik rencana pemerintah mengadakan hujan buatan.

“Kalau bisa hujan buatannya dipercepat. Sudah sesak nafas kami ini kalau jalan di luar,” tutupnya. (nas)

Pos terkait