Jokowi Akan Putuskan Jika Eks Koalisi Prabowo Mau Gabung ke KIK

Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi). (Suara.com/Ummi Saleh)
Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi). (Suara.com/Ummi Saleh)

JAMBISERU.COM – Partai Persatuan Pembangunan atau PPP menyerahkan keputusan menerima eks partai di Koalisi Prabowo – Sandiaga untuk gabung ke Koalisi Indonesia Kerja (KIK) ke Presiden Jokowi. Sebab itu merupakan hak prerogatif Jokowi.

BACA JUGA : Sidang Praperadilan, Kivlan Zen Optimistis Gugatannya Dikabulkan Hakim

PPP mengklaim memegang komitmen Jokowi bahwa akan berkomunikasi dan diskusi sebelum membuat keputusan sehingga partainya tidak mempermasalahkan berbagai wacana yang berkembang.

Bacaan Lainnya

“Kami menyerahkan kepada beliau karena hak prerogatif. Jokowi sudah menyampaikan bahwa sebelum membuat keputusan akan meminta pandangan partai-partai, dan itu belum terjadi,” kata Arsul saat dihubungi, dilansir dari laman Suara.com (media partner Jambiseru.com), Selasa (30/7/2019).

Menurut PPP jika sudah ada komitmen Jokowi seperti itu, tidak perlu ada diskursus di ruang publik. Sehingga tinggal menunggu pertemuan antara Jokowi dan pimpinan partai koalisi.

“Kami yakin Jokowi akan bicara dengan partai koalisi sehingga proses dialog dan tukar pandangan akan terjadi. Kalau ada komitmen itu, untuk apa ada diskursus di ruang publik, tunggu saja pertemuan Jokowi dengan para ketua umum partai,” ujarnya.

Arsul mengatakan bahwa rencana pertemuan antara Jokowi dan pimpinan partai belum dijadwalkan karena kemungkinan Jokowi sedang melakukan langkah persiapan menyusun kabinet. Menurut dia, bisa saja Jokowi melihat nama yang bagus namun tidak dalam usulan calon menteri, lalu meminta masukan ketua umum partai KIK.

Namun, dia menegaskan bahwa PPP belum mengajukan nama-nama kadernya untuk menjadi calon menteri karena ingin melihat dahulu portofolio kementerian.

BACA JUGA : IHSG Diprediksi Berbalik Menguat Hari Ini

“Misalnya, portofolio yang diberikan adalah Kementerian Pemberdayaan Perempuan, lalu yang diajukan nama saya, ‘kan itu tidak lucu,” katanya. (ndy)

Pos terkait