Dosen Sasindo Unja Latih Kreatifitas Siswa Menulis Cerpen

Sovia Wulandari S.S, M.Pd dosen Sastra Indonesia, Fakultas ilmu budaya, Universitas Jambi foto bersama siswa siswi SMAN 4 Kerinci setelah kegiatan. Foto: Uda/Jambiseru.com
Sovia Wulandari S.S, M.Pd dosen Sastra Indonesia, Fakultas ilmu budaya, Universitas Jambi foto bersama siswa siswi SMAN 4 Kerinci setelah kegiatan. Foto: Uda/Jambiseru.com

JAMBISERU.COM, Jambi – Dalam menjalankan pengabdian masyarakat, program Tri Dharma Perguruan Tinggi Universitas Jambi. Dosen Prodi Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, melaksanakan pelatihan menulis karya sastra berupa cerpen kepada siswa SMAN 4 Kerinci.

Pengabdian ini dilakukan pada 23 Agustus 2019 lalu. Dalam pelatihan tersebut, siswa yang menjadi sasaran yakni siswa kelas XII jurusan MIPA 1. Pelatihan ini pun diikuti sebanyak 25 siswa. Kemudian, dosen yang melakukan pengabdian ini terdiri dari dua orang, yaitu Hadiyanto S.Pd, M.Ed, Ph.D selaku ketua. Lalu, Sovia Wulandari S.S, M.Pd sebagai anggota pelaksana di lapangan.

Sovia Wulandari mengatakan bahwa, kegiatan pelatihan menulis cerpen ini bertujuan agar meningkatkan keterampilan siswa, supaya mereka bisa dapat terampil dalam menulis serta mengekspresikan dirinya lewat tulisan. Dengan begitu, ke depan mereka juga dapat mengikuti berbagai lomba menulis cerpen, baik di tingkat lokal maupun nasional.

“Mereka kita ajarkan berdasarkan pengalaman pribadinya. Pertama, mereka kita berikan materi mengenai hakikat karya sastra dan cerpen sebagai jenis karya sastra. Kedua, memberikan penjelasan dalam teknik menulis cerpen. Ketiga, memberikan pelatihan dan bimbingan dalam menulis cerpen. Dan terakhir, siswa menulis cerpen berdasarkan pengalaman pribadi yang dimilikinya,” kata Sovia Wulandari.

Selanjutnya, Sovia juga mengucapkan terimakasih banyak kepada para siswa SMAN 4 Kerinci yang telah menyambut dirinya dengan hangat dan tangan terbuka. Kata dia, sebagai seorang dosen di bidang keilmuwan Sastra, dirinya sangat senang dapat berbagi ilmu kepada siswa SMAN 4 Kerinci, agar mereka juga bisa mempunyai keterampilan dalam menulis cerpen.

“Alhamdulillah, ilmu yang saya berikan mendapat tanggapan yang positif dari mereka. Saya juga mengucapkan banyak terima kasih kepada siswa yang telah berpartisipasi aktif dalam kegiatan pengabdian ini, dan juga mengucapkan terima kasih kepada pihak sekolah yang telah memfasilitasi kegiatan ini,” ujar Sovia.

Sementara, salah satu siswa SMAN 4 Kerinci, Prestia mengungkapkan bahwa, sebelum adanya pelatihan ini, dia belum pernah mengetahui cara menulis cerpen dengan baik. Bahkan, dia pun tidak pernah terpikirkan untuk menulis cerpen ini.

“Setelah mengikuti pelatihan ini, saya sangat terbantu dan termotivasi untuk menulis cerpen itu. Teknis menulis cerpen yang diajarkan juga sangat mudah, hanya menulis berdasarkan pengalaman pribadi sehingga kami mudah mencari ide yang dijadikan cerpen. Kami sangat berterima kasih atas ilmu yang diberikan kepada kami dan semoga dengan ini kami akan terbiasa menulis cerpen, serta mampu mengikuti berbagai lomba menulis cerpen,” sampainya.

Terpisah, Wakil Kesiswaan SMAN 4 Kerinci, Wennedi menyebutkan bahwa, ia sangat mengapresiasi kegiatan pengabdian pada masyarakat ini. Dikatakannya, teknik menulis cerpen berdasarkan pengalaman pribadi yang diajarkan kepada siswanya itu, merupakan teknik yang cukup bagus untuk memotivasi siswa agar kreatif dalam menulis cerpen.

“Kami selaku pihak sekolah juga berterima kasih telah bekerja sama dengan sekolah kami. Semoga dengan adanya kegiatan seperti ini, siswa kami menjadi bersemangat lagi dalam menuntut ilmu dan mendapatkan ilmu serta pengalaman dari dosen-dosen di Universitas Jambi,” pungkas Wennedi yang sekaligus guru pelajaran Bahasa Indonesia di kelas XII MIPA 1. (uda)

Loading Facebook Comments ...