Ingin Anak Cerdas, Ini Rekomendasi Makanan Bayi Untuk Nutrisi Otak

  • Whatsapp
Ilustrasi makanan bayi. (Ist)
Ilustrasi makanan bayi. (Ist)

Ingin Anak Cerdas, Ini Rekomendasi Makanan Bayi Untuk Nutrisi Otak

Jambiseru.com – Setelah berusia 6 bulan, bayi sudah diperbolehkan untuk mengkonsumsi makanan tambahan. Pada tahap ini, tubuh bayi sangat membutuhkan nutrisi untuk pertumbuhan tubuhnya. Selain tubuh, ternyata bayi juga membutuhkan nutrisi untuk perkembangan otak.

Baca Juga : Kedatangan Fadhil-Bakhtiar Disambut Teriakan Kemenangan Dari Masyarakat Pemayung

Untuk nutrisi otak bayi, ternyata tak harus mahal. Di sekitar kita, juga terdapat banyak makanan sumber nutrisi otak bayi yang dapat diolah ibu.

Walaupun bayi 6 bulan membutuhkan makanan bernutrisi tinggi, kemampuannya mencerna makanan masih terbatas. Maka dari itu, pastikan makanan yang diberikan lembut, mudah ditelan, berukuran kecil dan mudah digenggam (finger food), bernutrisi, serta higienis.

Berikut ini makanan bayi 6 bulan untuk kecerdasan otak yang direkomendasikan.

1. Greek yogurt
Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dengan memberikan greek yogurt sebagai MPASI. Selain membantu mengembangkan sel otak, greek yogurt juga memiliki probiotik yang menyehatkan pencernaan bayi.
Kandungan lemak sehat, kalsium, dan protein membuat greek yogurt bermanfaat dalam perkembangan sel-sel otak sehingga cocok sebagai makanan bayi 6 bulan untuk kecerdasan otak.

2. Alpukat
Bukan tanpa alasan alpukat banyak dipilih sebagai makanan bayi 6 bulan untuk kecerdasan otak. Selain teksturnya yang lembut dan mudah ditelan, alpukat juga mengandung lemak sehat, vitamin, dan mineral yang sangat bermanfaat bagi kesehatan bayi.

3. Keju
Keju memiliki manfaat susu bernutrisi tinggi dan lemak sehat yang diperlukan dalam perkembangan sel otak. Makanan ini memiliki tekstur yang lembut dan bisa dipotong kecil sehingga mudah digenggam oleh bayi.

Baca Artikel Kesehatan Lain : Vitamin D untuk Kekebalan Tubuh dan Sumbernya

4. Kuning telur

Bayi tidak dianjurkan untuk diberi makanan tambahan berupa putih telur. Hal ini karena risiko alergi yang cukup tinggi. Sebaiknya putih telur baru diperkenalkan saat bayi berusia setidaknya 12 bulan.
Di sisi lain, kuning telur bisa dijadikan pilihan sebagai MPASI untuk bayi yang baru mengenal makanan. Kandungan kolesterol pada kuning telur bermanfaat untuk membentuk lapisan pelindung sel otak. Selain mudah dicerna, kuning telur juga banyak mengandung nutrisi untuk tumbuh kembang organ-organ tubuh Si Kecil.

5. Bubur sereal

Bubur sereal yang terbuat dari serealia utuh sangat bermanfaat sebagai makanan bayi 6 bulan untuk kecerdasan otak. Beberapa contoh serealia utuh adalah oatmeal, quinoa, dan barley.
Sebelum dikonsumsi, biji-bijian utuh tersebut harus diblender hingga lembut dan diairi (diseduh) hingga mudah dikonsumsi oleh bayi.

6. Selai kacang
Kacang-kacangan merupakan sumber makanan bayi 6 bulan untuk kecerdasan otak. Di dalamnya terdapat lemak sehat, protein, dan vitamin larut lemak yang baik bagi pertumbuhan bayi.
Selain kacang tanah, selai kacang mede dan almond juga memiliki manfaat yang sama. Saat dikonsumsi, selai kacang bisa ditambahkan pada MPASI lain untuk memperkaya kandungan nutrisinya, seperti bubur sereal atau yogurt.

7. Apel
Buah apel memiliki kandungan senyawa quercetin, yakni jenis antioksidan yang bisa membantu merangsang aktivitas otak. Apel dapat dijadikan finger food atau dilumatkan agar mudah dikonsumsi bayi.

8. Salmon
Ikan salmon termasuk jenis makanan bayi 6 bulan untuk kecerdasan otak karena mengandung asam lemak omega-3 berupa DHA. Senyawa ini sangat penting bagi perkembangan kognitif bayi.

Baca Juga : Debat Kandidat Ditutup, Al Haris Cium Tangan Lalu Gandeng Fachrori Turun Panggung

Untuk memudahkan bayi mengonsumsinya, Anda dapat memasak dan melumatkan daging ikan salmon, lalu mencampurnya ke dalam makanan lain. Anda juga bisa membuatnya menjadi finger food yang bergizi.
Kendati banyak makanan bernutrisi yang dapat diberikan pada bayi, namun ibu juga harus memperhatikan beberapa hal. Seperti salah satunya makanan yang dapat membuat bayi alergi. (tra)

Sumber: Sehatki.com

Pos terkait

-------------------------

BACA CARA DAN TIPS DI SINI

-------------------------