Cegah Anemia hingga Batu Ginjal, Ini 5 Manfaat Lemon untuk Kesehatan

Ilustrasi es teh, es teh kampul, es teh lemon, lemon tea [shutterstock]
Ilustrasi es teh, es teh kampul, es teh lemon, lemon tea [shutterstock]

JAMBISERU.COM – Lemon kerap digunakan sebagai pelengkap makanan, seperti salad. Namun di samping itu, lemon sebenarnya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Kaya akan vitamin C, lemon bisa mencegah berbagai masalah kesehatan yang serius. Jadi, jangan ragu untuk menambahkan lemon ke dalam diet Anda. Karena rasanya yang asam, lemon jarang dikonsumsi sendirian.

Berikut beberapa manfaat lemon yang perlu Anda ketahui seperti dilansir dari thehealthsite.

Bacaan Lainnya

1. Membantu penyerapan zat besi.

Lemon akan membantu penyerapan zat besi yang baik dalam tubuh. Konsusmi bayam dan buncis ditambah jus lemon di atasnya bisa membantu memberikan zat besi maksimum bagi tubuh. Lemon juga membantu mencegah kekurangan zat besi dan anemia.

2. Mencegah batu ginjal

Vitamin C bisa membantu meningkatkan pH dan volume urine. Para ahli mengungkapkan, setengah cangkir jus lemon bisa bermanfaat untuk mencegah batu ginjal.

3. Melawan kanker

Salah satu faktor utama yang memicu kanker adalah radikal. Studi mengungkapkan, antioksidan di dalam buah jeruk seperti lemon bisa membantu melawan radikal bebas sehingga mencegah kanker.

4. Menurunkan risiko stroke

Flavonoid dalam lemon dianggap baik untuk melawan kanker dan penyakit kardiovaskular. Lemon sangat efektif untuk mencegah stroke iskemik yang terjadi karena gumpalan darah yang menghalangi aliran darah ke otak.

5. Asma

Vitamin C dalam lemon membantu melawan alergi dan asma. Selain itu, lemon juga bermanfaat pula bagi orang yang menderita flu. (ndy)

Pos terkait