Ketahui 5 Manfaat Jambu Kristal, Termasuk Obati Rabun hingga Silindris!

Manfaat konsumsi jambu kristal, jambu biji tanpa biji (Pixabay/new_abdul17)
Manfaat konsumsi jambu kristal, jambu biji tanpa biji (Pixabay/new_abdul17)

JAMBISERU.COM – Jambu kristal atau jambu biji tanpa biji salah satu buah yang tengah digemari oleh masyarakat Indonesia.

BACA JUGATiket Pesawat Harus Turun Mulai 1 Juli 2019, Kalau Tidak Ini…

Secara umum, bentuk jambu kristal sama seperti jambu biji lainnya. Tetapi, cara memakannya jauh lebih praktis daripada jambu biji lainnya.

Bacaan Lainnya

Melansir dari Specialty Produce, jambu kristal atau psidium guajava ini umumnya ditemukan di Malaysia dan wilayah Pasifik Selatan.

Jika jambu biji yang kita ketahui selama ini terbagi menjadi dua varietas, yakni daging putih dan daging merah.

Jambu kristal sendiri merupakan turunan dari jambu biji varietas putih yang biasanya memiliki tekstur lebih keras.

Jambu biji tanpa biji ini adalah produk sampingan alami dari kesuburannya yang rendah. Tetapi, nilai gizi jambu kristal tidak kalah dengan jambu biji jenis lainnya.

Jambu kristal juga merupakan sumber vitamin C, kalium dan serat makanan yang sangat baik. Bahkan jambu kristal ini telah digunakan dalam sejumlah pengobatan tradisional di Afrika, Asia hingga Karibia.

Ada sejumlah manfaat kesehatan dari konsumsi jambu kristal yang dilansir dari dkp.bogorkab.go.id dan tak jauh beda dari manfaat jambu biji lainnya.

1. Menjaga kesehatan mata

Jambu kristal yang mengandung vitamin A tinggi dapat menjaga daya tahan tubuh dan kesehatan mata Anda sangat baik.

Bahkan jambu kristal bisa membantu Anda mengobati sejumlah masalah mata seperti rabun jauh, rabun dekat, silindris dan rabun ayam.

2. Mengobati sariawan

Kandungan vitamin C tinggi pada jambu kristal juga sangat efektif untuk mencegah serta mengobati sariawan secara alami.

3. Menjaga kesehatan kulit

Jambu kristal juga termasuk buah yang mengandung banyak vitamin E. Kandungan vitamin E tinggi ini sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit Anda.

Vitamin E juga membantu mencegah kulit kering, mengangkat sel kulit mati, mencerahkan wajah, menutrisi kulit dan menjaga kelembapan kulit.

4. Sumber zat antioksidan

Buah jambu kristal juga sangat bermanfaat sebagai sumber zat antioksidan untuk menangkal radikal bebas.

Seperti yang diketahui radikal bebas adalah sumber berbagai penyakit seperti kanker, penuaan dini dan penyakit kronis lainnya.

5. Mencegah virus dan infeksi

Banyaknya kandungan vitamin dan mineral dalam jambu kristal sangat bermanfaat sebagai antibakteri, anti-infeksi dan anti-peradangan.

BACA JUGAGadis Dibawah Umur Digilir Lima Pemuda

Artinya, jambu kristal sangat bermanfaat untuk mencegah berbagai macam gangguan kesehatan yang berhubungan dengan infeksi, peradangan dan virus. (ndy)

Pos terkait