Veggie Burger Jadi Pilihan Vegetarian, Apakah Memang Lebih Sehat?

0
Burger vegetarian (Pixabay/unijewels)
Burger vegetarian (Pixabay/unijewels)

Jambi Seru – Demi orang-orang vegetarian, beberapa produsen daging membuat ‘daging buatan’ yang berbahan nabati. Tidak hanya bentuknya, rasa hingga penampilannya pun disamakan dengan daging asli. Daging buatan ini sedikit ‘berdarah’.

BACA JUGASorong Papua Barat Diguncang Gempa, BMKG Minta Masyarakat Tetap Tenang

Evolusi veggie burger dari bagian makanan beku ini jelas merupakan anugerah bagi vegetarian dan lingkungan. Namun jika menyangkut kesehatan, nyatanya masih diperdebatkan.

Mengatakan makanan “berbasis nabati” tidak berarti dibuat dengan sayuran utuh dan dipastikan sehat. Burger tanpa daging ini, seperti banyak produk makanan vegan, juga penuh dengan bahan turunan seperti protein yang dipisahkan dari tanaman.

Selain itu, seperti roti putih, burger non-daging ini kehilangan nutrisi karena diproses.

“Masalahnya adalah makanan olahan sering dibiarkan dengan karbohidrat yang sangat mudah diserap, dan sedikit nutrisi penting, seperti serat, vitamin, mineral, dan fitokimia,” kata ahli diet Sharon Palmer, dilansir dari Mensjournal.

Selain protein, lemak jenuh adalah komponen burger lainnya. Ini didapat dari minyak kelapa.

“Minyak kelapa sangat ideal untuk mereplikasi lemak dalam daging sapi giling. Kami tahu, kami sudah mencoba semuanya,” kata seorang perwakilan dari Impossible Foods, salah satu produsen daging buatan.

“Itu meleleh seperti lemak daging sapi dan membuat burger kita terasa juicy,” sambungnya.

Produk Impossible Burger kemudian berakhir dengan lemak jenuh yang sebanding dengan burger daging sapi.

Daging buatan dari beberapa produsen ternama lainnya ternyata juga mengandung natrium lima kali lebih banyak daripada daging pada burger biasa. Alasannya adalah kandungan pengawet dan penambah cita rasa.

Kita tahu bahwa kelebihan natrium dapat menyebabkan tekanan darah tinggi yang meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Meski begitu, daging buatan berbahan nabati ini mempunyai nilai yang lebih baik daripada daging sapi dalam beberapa pengukuran gizi.

BACA JUGA : Profil 9 Hakim MK Penentu Nasib Prabowo – Sandiaga di MK

Sebut saja nol kolesterol, khususnya bisa dibandingkan dengan 100 miligram kolesterol dalam burger tanpa lemak berkadar 85%. Daging burger nabati ini juga mengandung lebih banyak zat besi serta mineral penting lainnya daripada burger daging sapi. (ndy)

Loading Facebook Comments ...
loading...
MEDIA PARTNER: