Marak Perilaku Menyimpang di Lapas, Napi LGBT Bakal Diisolasi

Ilustrasi ruang lapas. (Ist)
Ilustrasi ruang lapas. (Ist)

JAMBISERU.COM – Kepala Bagian Humas dan Protokol Ditjen PAS Kemenkum HAM, Ade Kusmanto mengatakan pihaknya bakal mengisolasi narapidana dengan kecenderungan sifat LGBT menyusul ditemukannya naprapidana di lembaga pemasyarakatan di Jawa Barat yang memiliki penyimpangan wikwikual.

BACA JUGABerkas Perkara Wanita Pembawa Anjing ke Masjid Sudah di Kejaksaan

Ade berujar, para narapidana LGBT tersebut akan dipindahkan ke kamar khusus demi mencegah mereka menularkan prilaku wikwikualnya kepada narapidana lainnya di Lapas.

Bacaan Lainnya

“Pertama, memisahkan narapidana yang LGBT dari narapidana normal dengan menempatkan di kamar isolasi. Yaitu kamar hunian untuk narapidana sakit baik medis maupun psikis. Langkah ini diambil agar tidak terjadi penularan disorientasi sexual kepada narapidana lainnya,” ujar Ade kepada Suara.com, Kamis (11/7/2019).

Tak hanya diisolasikan, narapidana LGBT juga bakal dapat pembinaan terkait perilaku wikwik yang menyimpang. Mereka akan diberikan pembinaan kepribadian, mental, keagamaan dengan pengawasan khusus.

Dengan begitu, kata Ade, diharapkan akan timbul kesadaran diri terhadap narapidana LGBT bahwa perbuatannya melanggar agama dan aturan hukum

“Kemudian, memeriksa kesehatan narapidana LGBT, untuk memastikan kesehatannya,” ujar Ade.

Sebelumnya, Ade Kusmanto tak menampik ihwal narapidana di sejumlah lembaga pemasyarakatan di Jawa Barat yang memiliki perilaku wikwik menyimpang.

Menurutnya, fenomena LGBT di Lapas itu terungkap setelah para narapidana kedapatan melakukan hubungan sesama jenis.

“Terkait fenomena adanya LGBT di lapas , perlu disampaikan bahwa fenomena tersebut merupakan penyimpangan wikwikual yang dilakukan oleh narapidana yang sedang jalani pidana di lapas,” kata dia.

Seperti diketahui, maraknya narapidana yang memiliki penyimpangan wikwikual di antaranya dipicu oleh lapas dengan kapasitas berlenih hingga kebutuhan biologis narapidana yang tak tersalurkan selama menjalani massa penahanan.

Selain itu, Ade mengatakan ada faktor eksternal lainnya yang menyebabkan narapidana berperilaku menyimpang. Perilaku wikwik menyimpang itu ditularkan melalui narapidana yang memiliki kecenderungan LGBT saat masuk ke dalam Lapas.

BACA JUGAKades Rambutan Masam Dilaporkan ke Inspektorat

“Fenomena ini bisa terjadi karena pertama dibawa oleh narapidana dari luar lapas. Yaitu sebelum masuk Lapas memang sudah ada disorientasi wikwikual yang dibawa dari luar lapas kemudian ditularkan secara terselubung kepada narapidana lainnya yang normal,” tutur Ade.  (ndy)

Pos terkait