Doyan Olahraga di Malam Hari, Yuk Pelajari Plus dan Minusnya

Tren olahraga di malam hari. (Shutterstock)
Tren olahraga di malam hari. (Shutterstock)

JAMBISERU.COM – Doyan Olahraga di Malam Hari, Yuk Pelajari Plus dan Minusnya

Gaya hidup sehat dengan rutin olahraga kini semakin ramai dilakukan masyarakat. Hal ini dibuktikan dengan ramainya pusat kebugaran dan tempat umum yang dijadikan lokasi olahraga bersama.

BACA JUGACek! Begini Cara Aman Membersihkan Telinga, Bukan Pakai Cotton Bud

Nah, olahraga di malam hari menjadi bagian dari gaya hidup tersendiri. Aktivitas yang padat di siang hari menjadi alasan sebagian masyarakat akhirnya berolahraga di malam hari. Lalu, apa komentar dokter soal fenomena ini?

“Olahraga di malam hari tidak masalah, kalau memang kita memiliki watu luang di malam hari. Asalkan, jangan memaksakan diri jika memang kita tidak sempat olahraga di malam hari. Tetapi, jika memang ingin olahraga malam hari usahakan pada saat perut kosong sejam atau 2 jam sebelum atau sesudah makan, serta ketika selesai berolahraga pun, sebaiknya jangan langsung tidur. Beri jeda waktu 1-2 jam antara waktu olahraga dan waktu tidur sehingga tubuh dapat merecovery,” ujar dr. Sophia Hage, ditemui baru-baru ini.

Ia pun menjelaskan beberapa kelebihan olahraga di malam hari. Apa saja?

Menghilangkan kepenatan

Setelah seharian bekerja, Anda pasti ingin menghilangkan rasa penat atau stres. Anda dapat mencurahkannya dengan berolahraga seperti berlari, angkat beban, bersepeda atau jenis olahraga lain yang Anda suka.

Performa terbaik

Jumlah kalori yang dibakar saat pagi hari bisa sama dengan malam hari. Hal tersebut bergantung pada kebiasan Anda mengalokasikan energi tubuh dalam sehari. Jika merasa mempunyai banyak energi saat malam hari, Anda tentu akan lebih maksimal berolahraga di malam hari, begitu pula sebaliknya.

Tidak diburu oleh waktu

Anda tidak akan dikejar-kejar oleh aktivitas lain saat berolahraga di malam hari. Jadi, Anda punya waktu untuk lebih fokus pada olahraga.

Meski begitu, ada pula kerugian yang dilakukan jika memilih olahraga di malam hari, yakni:

Kesempatan bersosialisasi berkurang

Setelah sibuk bekerja, Anda tentu ingin berkumpul bersama teman-teman. Namun hal tersebut mungkin tertunda karena Anda harus fokus dengan program diet dan olahraga.

Gangguan pola tidur

Olahraga di malam hari bisa meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga Anda akan mengalami kesulitan tidur. Hal ini bisa terjadi ketika jarak waktu antara olahraga dan tidur malam terlalu dekat. Kadar hormon adrenalin dan hormon stres juga akan meningkat saat berolahraga.

BACA JUGA : Kades Dikeroyok, Polres Bentuk Tim Khusus

Sudah kehabisan energi

Anda sangat mungkin kehilangan semangat untuk berolahraga di malam hari setelah seharian berkutat dengan pekerjaan yang menumpuk di kantor. Hal tersebut terjadi karena energi Anda sudah terkuras habis. (ndy)

Loading Facebook Comments ...