Liburan Lebaran Banyak Makanan Manis, Ini 5 Rahasia Menjaga Berat Badan

Jambi Seru – liburan lebaran banyak makanan manis, ini 5 rahasia menjaga berat badan.

Libur panjang Lebaran dimanfaatkan selain mudik tentu juga liburan dan kunjungan ke banyak tempat sanak saudara, tetangga hingga rekan kerja.

Namun hati-hati, kelamaan bersantai dan makan saat liburan serta berkunjung tanpa mengendalikan pola makan bisa membuat berat badan naik drastis.

Bacaan Lainnya

Terlebih bagi Anda yang mengalami kelebihan berat badan atau obesitas, Anda wajib menjaga pola makan untuk mencegah kenaikan berat badan saat liburan. Lantas, bagaimana cara menjaga berat badan tetap stabil selama liburan Lebaran?

1. Batasi makanan manis

Saat liburan, makanan manis menjadi daya tarik tersendiri bagi sebagian orang. Makanan manis ini biasanya disajikan sebagai hidangan penutup, contohnya kue, cokelat, permen, atau puding.

Hati-hati, berbagai makanan manis tersebut bisa membuat berat badan cepat naik, lho. Bahkan, makanan manis merupakan salah satu penyebab utama obesitas.

Selain dari kue, beberapa jenis makanan dan minuman lainnya ternyata diam-diam mengandung gula tambahan. Contohnya minuman bersoda, jus buah kemasan, buah kaleng, saus, dan produk susu seperti es krim dan yogurt manis.

Untuk menjaga berat badan tetap stabil, batasi konsumsi makanan dan minuman manis selama liburan. Jika Anda dihadapkan pada dua pilihan antara makanan gurih atau makanan manis, sebaiknya pilihlah makanan yang memiliki rasa gurih untuk mencegah kenaikan berat badan.

2. Banyak makan sayur dan buah

Buah-buahan dan sayuran termasuk makanan rendah kalori namun tinggi serat. Ini artinya, hanya dengan makan buah-buahan dan sayuran saja bisa membuat Anda kenyang lebih lama. Hal ini tentu menjadi kabar baik bagi Anda yang ingin menjaga berat badan tetap ideal selama liburan.

World Health Organization (WHO) melaporkan bahwa makan buah dan sayuran secara rutin dapat mengurangi risiko obesitas. Semakin banyak buah dan sayuran yang Anda makan, semakin rendah pula risiko Anda untuk terkena penyakit kronis lainnya, seperti kanker, diabetes, penyakit jantung dan stroke.

3. Makan lebih awal

Saat liburan, Anda mungkin lebih sering bangun siang sehingga jadwal makan pun ikut mundur. Padahal, makan di awal waktu dapat membantu mencegah Anda dari kalap makan, lho.

Membiasakan diri untuk makan di awal waktu dapat membuat Anda lebih mudah mengendalikan asupan kalori dari makanan. Dilansir dari Verywell, sebuah penelitian menunjukkan bahwa makan di awal waktu dapat membantu mencegah berat badan naik drastis saat liburan. Bahkan, studi lainnya menunjukkan bahwa kebiasaan ini dapat membantu menurunkan berat badan.

Agar lebih sehat, pilih makanan yang mengandung serat tinggi seperti buah-buahan, sayuran, dan oatmeal. Alhasil, Anda jadi lebih cepat kenyang dan terhindar dari makan banyak meski sedang liburan.

4. Tetap olahraga

Libur sekolah atau bekerja bukan berarti Anda juga harus libur olahraga. Untuk menjaga berat badan tetap stabil, usahakan untuk tetap olahraga di sela-sela liburan.

Anda tak perlu repot-repot mencari tempat gym atau pusat kebugaran lainnya. Cukup luangkan waktu untuk berjalan atau jogging di sekitar hotel, pantai, atau lokasi liburan sambil menghirup udara segar.

Yang penting, pastikan tubuh Anda tetap bergerak aktif setidaknya 15 menit. Apalagi kalau Anda baru saja makan besar bersama keluarga, kalori dan lemak dari makanan harus segera dibakar dengan olahraga.

Jika ada, ajak anak-anak atau keluarga Anda untuk berenang di kolam renang hotel atau olahraga pakai treadmill di tempat gym hotel. Dengan demikian, hari-hari liburan Anda dan keluarga jadi lebih sehat dan menyenangkan.

5. Timbang berat badan secara rutin

Untuk menjaga berat badan tetap ideal selama liburan, timbang berat badan Anda secara rutin. Waktu terbaik untuk menimbang berat badan adalah di pagi hari, sebab angka yang muncul cenderung lebih akurat menggambarkan berat badan Anda yang sebenarnya.

Faktanya, orang yang rutin menimbang setiap hari cenderung lebih mudah menjaga berat badannya tetap stabil. Bahkan, mereka lebih mampu menurunkan berat badan ketimbang orang yang lebih jarang menimbang berat badan.

Jangan buru-buru putus asa kalau jarum timbangan Anda terus menerus bergerak ke kanan. Hal ini seharusnya menjadi pacuan bagi Anda untuk berusaha lebih keras lagi dalam mengendalikan berat badan.

Pastikan Anda terus menerapkan pola makan yang sehat dan rutin olahraga setiap hari di masa liburan Lebaran. Selain membuat tubuh tetap bugar, hal ini juga bermanfaat untuk mencegah kenaikan berat badan pasca liburan. (ndy)

Pos terkait