Lima Hektar Lahan di Taman Nasional Bukit Duabelas Terbakar

Taman Nasional
Lahan di Taman Nasional Bukit Duabelas terbakar. Foto: Penajambi.com

JAMBISERU.COM, Sarolangun – Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) kembali terjadi di Kabupaten Sarolangun, kali ini terjadi di lokasi Taman Nasional Bukit Duabelas (TNBD) tepatnya di Desa Bukit Suban, Kecamatan Air Hitam, Kabupaten Sarolangun, Jambi.

BACA JUGA: Surat Warga Tak Dibalas Bupati, Soal Konflik Lahan di Muarojambi

Camat Air Hitam, Bustra Desman dikonfirmasi Rabu (21/08/2019) siang mengatakan luasan lahan yang terbakar tersebut lebih kurang seluas 5 hektar, yang terjadi Selasa (20/08/2019) sekira pukul setengah lima sore kemarin.

Bacaan Lainnya

“Kejadiannya kita ketahui setelah mendapat laporan dari warga setempat, saat itu tim kita beserta Babinsa Serda Husni Tamrin serta anggota Polsek Air Hitam langsung turun ke lokasi, untuk memadamkan api tersebut agar tidak terus meluas,” kata Bustra Desman dilansir Penajambi.com–media partner Jambiseru.com.

Ia menyebut, kejadian kebakaran saat itu bertepatan saat pihaknya sedang melaksanakan salat istisqo atau salat minta hujan di lapangan kantor camat setempat.

“Usai salat kami langsung menelusuri kebenaran kabar ini. Jenis lahan yang terbakar adalah tanah mineral, Lokasi hutan lindung dalam TNBD dengan Luas lahan terbakar sekitar 5 hektar,” ujarnya.

Ia menjelaskan, sulitnya akses jalan menuju lokasi saat itu menyulitkan rombongannya yang cuma bisa menggunakan kendaraan sepeda motor jenis Trail, itupun hanya bisa ditempuh setengah perjalanan dan belum sampai ke lokasi utama.

“Selebihnya hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki, sulitnya akses menuju lokasi dikarenakan lokasi berada di perbukitan,” katanya.

Babinsa Serda Husni Tamrin, terkait kejadian itu mengatakan dalam proses pemadaman api saat itu pihaknya juga dibantu dua personel Polsek Air Hitam, empat anggota Tim Polhut TNBD, serta tiga orang warga setempat.

“Saat sampai di lokasi kami langsung melakukan upaya pemadaman terhadap titik api secara manual dikarenakan sumber air jauh dari lokasi pemadaman, inilah salah satu kendala yang dihadapi saat itu, api baru dapat dipadamkan sekira pukul setengah duabelas malam saat itu,” katanya.

Sementara itu, Kepala TNBD Haidir mengatakan kebakaran hutan di TNBD terjadi di wilayah Desa Bukit Suban Kecamatan Air Hitam tersebut pada koordinat : S -1.933621 dan E 102.556515.

“Segera dilakukan pemadaman saat itu dari pukul setengah sepuluh malam hingga pukul duabelas lewat empat puluh lima menit dini hari, oleh Tim yang terdiri dari TNBD 4 orang, TNI 1 orang (Serda Tamrin), anggota Polsek Air Hitam dan dari pihak kecamatan Air Hitam 4 orang. Hasilnya api bisa dipadamkan dan tinggal baranya saja,” kata Haidir, Rabu (21/08/2019) siang.

BACA JUGA: Kejuaraan Dunia 2019: Kalah di Laga Perdana, Kevin / Marcus Akui…

“Rencana tindak lanjut, hari ini akan dilakukan pengecekan penyeluruh oleh tim dengan perlengkapan manual (jetshooter). Sumber air tidak ada di lokasi, sehingga akan di drop menggunakan tedmon di jalur terdekat,” katanya lagi. (put)

Pos terkait