Melihat Review Realme 8, HP 5G Pertama di Indonesia Paling Terjangkau

  • Whatsapp
Review Realme 8
Realme 8. Foto : Istimewa

Jambiseru.com – Jaringan internet 5G resmi berselancar di Indonesia. Menyambut itu, handphone realme 8 menjadi smartphone pertama yang diluncurkan untuk teknologi internet 5G. Bahkan realme 8 digadang-gadang sebagai HP 5G paling terjangkau.

Hal ini berbanding terbalik dengan beberapa merek yang sudah membawa HP 5G ke Indonesia beberapa waktu lalu. Pasalnya, merk-merk lain memiliki harga yang lumayan mahal. realme 8 5G – yang hadir dengan slogan 5G. Fast Speed to Infinity – menjadi gawai 5G dengan harga yang sangat ramah kantong.

Baca Juga : Contoh Program Pascal Ukur Berat Badan Ideal

Desain realme 8 5G mengusung dimensi 162.5 x 74.8 x 8.5 mm dengan berat 185 gram. Smartphone ini hadir dengan modul kamera belakang persegi dan kamera punch-hole di sisi kiri atas layar.

Dengan bodi ramping 8,5mm dan ringan 185 gram, realme 8 5G menjadi smartphone 5G tertipis dan nyaman digunakan saat dipegang. Bagian belakang terinspirasi oleh film Fast & Furious, dengan lampu depan yang melaju kencang seperti film kemudian dihadirkan di bagian belakang smartphone untuk menciptakan perubahan cahaya yang dinamis saat smartphone memantulkan cahaya dari sudut pandang tertentu.

Realme menyebut konsep desain ini sebagai Dynamic Speed Light. Untuk menghadirkan konsep desain ini, realme 8 5G menggunakan proses pelapisan indium high-gloss pada varian warna Supersonic Blue untuk mengembalikan kesan cahaya yang mengkilap.

Sementara untuk warna Supersonic Black, realme menggunakan proses pola lentikular untuk menghadirkan efek cermin premium guna menghadirkan kesan cahaya yang lebih baik.

Di bagian samping ada fitur fingerprint atau pemindai sidik jari. Dengan sistem pengenalan kapasitif, hanya dengan sekali tekan, smartphone akan langsung terbuka dan juga memberikan keamanan lebih.

Di sisi kiri ada pengatur tombol volume, sedangkan di sisi bawah ada port jack headphone 3.5mm, mikrofon, USB type C, dan speaker.

Ada juga desain pelindung sudut memperkuat sudut bodi pada smartphone, secara efektif mengurangi risiko kerusakan layar. Semua antarmuka bodi diatur dengan pengukuran kedap air yang ketat untuk mencegah tumpahan secara efektif.

Layar realme 8 5G memiliki layar Ultra Smooth dengan kecepatan refresh 90Hz dan kecepatan pengambilan sampel maksimum 180Hz. Layar 90Hz ini menghasilkan pengalaman visual yang mulus di setiap gerakan pada layar.

Selain itu, pengguna juga bisa memilih apakah mau mengaktifkan mode 90Hz, 60Hz, atau otomatis. Disarankan agar pengguna menggunakan mode otomatis karena refresh 90Hz akan aktif di beberapa aplikasi tertentu, seperti media sosial atau game untuk menghadirkan layar mulus.

Dengan layar besar 6,5 inci dan rasio layar-ke-bodi 90,5%, realme 8 5G memberi Anda pengalaman visual yang luar biasa. Layar hadir dengan resolusi 2400×1080 FHD+, tingkat kecerahan hingga 600 nits, dan 16,7 juta warna layar.

Kamera realme 8 5G membawa total tiga kamera dengan rincian kamera utama 48 MP, kamera makro 2 MP, kamera depth 2 MP, dan kamera selfie 16 MP. Kamera utama realme 8 5G berukuran 48MP Ultra HD, aperture F1.8, 80 derajat FOV, dan lensa 6P ini dapat merekam pemandangan yang jernih dengan detail foto tertentu dan menggandakan tekstur keseluruhan.

Ada juga Lensa B&W Portrait. Ini merupakan sistem filter warna baru yang memungkinkan lensa potret mendeteksi rangkaian cahaya yang lebih komprehensif, membantu lensa utama dalam menangkap cahaya dengan lebih baik, meningkatkan kontras gambar, membuat gambar bergaya retro, dan menambahkan tekstur pada potret.

Kemudian Lensa makro 4cm yang memungkinkan pengguna untuk lebih dekat dengan objek dan menemukan keindahan dunia mikro dengan jarak pemotretan 4cm.

Sedangkan di kamera depan 16MP Ultra-clear dapat memenuhi kebutuhan selfie dengan aperture F2.0, mendukung mode kecantikan pintar, Efek Bokeh, dan lain sebagainya.

Secara khusus, algoritma efek kecantikan baru dikembangkan untuk jenis kelamin yang berbeda, jenis kulit yang berbeda, serta bentuk dan fitur wajah memungkinkan Anda mengambil foto selfie yang menampilkan kulit alami dan halus dengan cepat.

Selanjutnya ada Mode Nightscape sebagai filter yang dapat digunakan untuk pengambilan foto malam hari. Dengan teknologi mesin sintesis multi-frame, dibutuhkan sekumpulan foto dengan eksposur cahaya yang berbeda secara bersamaan dan kemudian menggabungkannya menjadi satu.

Selain mempertahankan eksposur yang baik dengan titik-titik sorotan, fitur ini juga dapat membuat foto di kegelapan lebih terang dan jelas dengan lebih banyak detail.

Untuk kebutuhan video, kamera belakang realme 8 5G mendukung rekaman 1080P dengan 30fps, 720P dengan 30fps, dan 720P dengan 120fps slow-motion. Sementara kamera depannya mendukung perekaman video 1080P/30fps dan 720P/30fps.

Mesin realme 8 5G membawa chipset MediaTek Dimensity 700 5G. Prosesor ini menggabungkan dua inti Arm Cortex-A76 yang berkemampuan tinggi dalam CPU octa-core yang beroperasi hingga kecepatan 2.2GHz.

Dimensity 700 5G menggunakan prosesor produksi 7nm terbaru, yang lebih hemat daya hingga 28 persen daripada proses 8nm yang setara, memungkinkan Dimensity 700 5G dapat menggunakan prosesor berkinerja tinggi sambil hanya menyedot daya, memperpanjang masa pakai baterai agar Anda tetap terhubung lebih lama.

Dimensity 700 menghadirkan GPU yang kuat, Arm Mali-G57 MC2 dengan kecepatan clock 950MHz dan mendukung teknologi layar refresh rate tinggi 90Hz.

Prosesor Dimensity 700 5G juga mendukung 5G Dual SIM Dual Standby, memungkinkan smartphone mendukung kartu SIM 5G online melalui jaringan 5G. Selain itu, prosesornya mendukung SA/NSA dan mencakup pita frekuensi 5G mainstream. Teknologi Akselerasi Jaringan Ganda yang canggih dapat menangkap jaringan Wi-Fi dan 5G lebih baik.

Untuk skor AnTuTu sendiri, realme 8 5G dengan Dimensity 700 5G dapat meraih hasil sebesar 361218. realme 8 5G memiliki varian memori 8GB+128GB dengan tiga slot kartu yang terdiri dari dua kartu SIM dan sebuah slot Micro SD hingga 1TB yang ditunjang dengan RAM LPDDR4x dan dan penyimpanan internal UFS 2.1.

Hal terbaru yang ingin realme hadirkan di realme 8 5G ini adalah teknologi Dynamic RAM Expansion Technology (DRE) yang akan mengkonversi ROM menjadi virtual RAM. Dengan tambahan RAM ini, pengguna dapat menambahkan RAM hingga 5MB dari penyimpanan internal 128GB untuk menjalankan aplikasi lebih ngebut.

Saat dicoba untuk bermain game, realme 8 5G juga memiliki Asisten Game. Aplikasi ini akan memblokir notifikasi panggilan, pesan, hingga WhatsApp, yang membuat pengguna menjadi lebih fokus dan optimal dalam bermain.

realme 8 5G dilengkapi dengan baterai besar 5000mAh, untuk kepuasan penggunaan hiburan sehari-hari. Dengan pengisian cepat 18W menggunakan konektor tipe-C, baterai 5000mAh dapat terisi penuh dengan cepat.

Saat dicoba bermain game Mobile Legends, baterai smartphone berkurang 30 persen ketika dimainkan dalam waktu empat jam. Sementara dalam penggunaan sehari-hari seperti browsing atau media sosial, smartphone dapat bertahan hingga seharian penuh.

Kemudian untuk waktu charger, realme 8 5G hanya membutuhkan waktu selama kurang lebih satu jam untuk ke 70 persen.

Dikarenakan 5G membutuhkan konsumsi daya lebih, sehingga akan mempersingkat masa pakai baterainya. realme memperkenalkan Smart 5G Power Saving untuk memperbaiki situasi ini.

Teknologi Smart 5G Power Saving secara cerdas mengidentifikasi kekuatan sinyal di sekitarnya dan secara cerdas beralih antara 4G dan 5G tanpa jeda waktu peralihan, sehingga menghasilkan konsumsi daya 30 persen lebih rendah daripada smartphone tanpa fitur Smart 5G.

Mode Super Power Saving juga terdapat di realme 8 5G. Mode ini menggunakan pengaturan CPU, penyesuaian lampu latar, dan strategi lain serta langkah-langkah penghematan daya yang ditargetkan untuk aplikasi tertentu, konsumsi daya sistem berkurang, dan masa pakai smartphone dapat diperpanjang.

Sederet fitur seperti Sleep Standby Optimization, App Quick Freeze, and Screen Battery Optimization juga mendukung solusi penghematan daya.

Tak kalah, realme 8 5G sudah disematkan fitur NFC yang sebelumnya juga menyambangi pendahulunya realme 8 Series. Sudah 5G dan sudah NFC, pastinya pengguna puas menggunakan realme 8 5G ini.

Anda ingin jadi yang pertama merasakan kecepatan 5G? realme 8 5G bisa menjadi pilihan apabila pengguna mau memakai smartphone 5G, namun dengan harga terjangkau. Selain jaringan, smartphone memiliki keunggulan di pemakaian daya baterai, performa game, hingga kamera. Mode malam yang ada di kamera dapat membantu pengguna untuk melengkapi kebutuhan fotografi sehari-hari.

Dibanderol dengan harga di bawah Rp 3 juta, realme 8 5G tak ayal menjadi smartphone 5G paling terjangkau saat ini, yang sudah dijual mulai dari 16 Juni di lazada http://bit.ly/LazadaXrealme5g. (tra)

Sumber : Suara.com

Pos terkait