Pengumpulan Energi Matahari sebagai Sumber Energi Alternatif

Pengumpulan Energi Matahari sebagai Sumber Energi Alternatif
Pengumpulan Energi Matahari sebagai Sumber Energi Alternatif. (Ist)

Pengumpulan Energi Matahari sebagai Sumber Energi Alternatif

Jambi Seru – Sel fotovoltaik—kotak hitam yang terdiri dari panel surya—semakin efisien, dan secara bertahap lebih murah, sepanjang waktu, berkat desain yang semakin baik yang semuanya memfokuskan sinar matahari yang terkumpul pada titik yang semakin terkonsentrasi.

Ukuran sel berkurang seiring dengan meningkatnya efisiensi, yang berarti bahwa setiap sel menjadi lebih murah untuk diproduksi dan sekaligus lebih produktif. Sejauh biaya yang disebutkan di atas, harga produksi energi yang dihasilkan tenaga surya per watt jam telah turun menjadi $4,00 pada saat penulisan ini. Hanya 17 tahun yang lalu, hampir dua kali lipat biaya itu.

Pembangkit listrik tenaga surya atau matahari ini, tentu saja baik untuk lingkungan, karena bentuk energi alternatif ini menghasilkan energi yang sama sekali tidak mengeluarkan emisi ke atmosfer dan hanya memanfaatkan salah satu yang paling alami dari semua hal sebagai penggeraknya.

Bacaan Lainnya

Sel pengumpul surya perlahan tapi pasti semakin praktis untuk ditempatkan di atas atap rumah orang, dan mereka bukanlah sistem yang sulit digunakan untuk memanaskan rumah, membuat air panas, atau menghasilkan listrik. Dalam kasus penggunaan sel fotovoltaik untuk pembangkitan air panas, sistem bekerja dengan memasukkan air ke dalam sel, di mana air dipanaskan dan kemudian dikirim melalui pipa Anda.

Sel fotovoltaik menjadi semakin baik dalam mengumpulkan cukup radiasi dari matahari bahkan pada hari mendung atau badai. Satu perusahaan khususnya, Uni-Solar, telah mengembangkan susunan koleksi surya untuk rumah yang bekerja dengan baik pada hari-hari buruk, melalui sistem yang lebih maju secara teknologi yang menyimpan lebih banyak energi pada satu waktu selama hari-hari yang diterangi matahari daripada susunan sebelumnya atau lainnya.

Sebenarnya ada sistem tenaga surya lain yang tersedia untuk digunakan yang disebut Sistem PV. Sistem PV terhubung ke jaringan listrik terdekat; setiap kali ada kelebihan energi matahari yang dikumpulkan di rumah tertentu, itu ditransfer ke jaringan untuk digunakan bersama dan sebagai sarana untuk menurunkan ketergantungan jaringan pada produksi listrik tenaga air. Terhubung ke Sistem PV dapat menghemat biaya Anda dibandingkan dengan energi surya penuh, sekaligus mengurangi polusi dan menghilangkan tekanan dari sistem jaringan. Beberapa daerah sedang merancang susunan koleksi surya terpusat untuk kota-kota kecil atau komunitas pinggiran kota.

Beberapa perusahaan besar telah memperjelas bahwa mereka juga mulai bertindak menggunakan tenaga surya (indikasi lebih lanjut bahwa energi yang dihasilkan matahari menjadi sumber energi alternatif yang layak secara ekonomi). Google sedang memasang pembangkit listrik tenaga surya 1,6 megawatt di atap kantor pusat perusahaannya, sementara Wal Mart ingin memasang sistem 100 megawattnya sendiri.

Negara-negara seperti Jepang, Jerman, Amerika Serikat, dan Swiss telah memajukan penyebab produksi energi surya dengan memberikan subsidi pemerintah atau dengan memberikan keringanan pajak kepada perusahaan dan individu yang setuju untuk menggunakan tenaga surya untuk menghasilkan panas atau tenaga listrik mereka. Seiring kemajuan teknologi dan penyimpanan yang lebih besar dari bahan koleksi surya tersedia, semakin banyak investor swasta akan melihat nilai investasi dalam teknologi “hijau” ini dan lebih jauh lagi implementasinya. (red)

Pos terkait