Maleo, Mobil Buatan BJ Habibie yang Bikin Heboh Mancanegara

0
maleo
Mobil rancangan BJ Habibie yang bernama Maleo. (mobilmotorlama.com)

JAMBISERU.COM – Jauh sebelum munculnya mobil Esemka yang diresmikan oleh Presiden Joko Widodo beberapa waktu yang lalu, Indonesia telah lama menggagas adanya mobil nasional.

BACA JGA: BJ Habibie Wafat, Ini Situasi Terkini Rumah Duka

Salah satu pencetus ide mobil nasional adalah Presiden ketiga Indonesia, BJ Habibie, semasa sebelum Presiden Soeharto turun dari jabatan.

Mobil ini berpotensi menjadi mobil pertama karya anak bangsa, namun sayangnya proyek pengembangan mobil ini dihentikan lantaran presiden saat itu, Soeharto lebih memilih memproduksi mobil Timor sebagai mobil nasional. Mengusung nama Maleo, mobil rancangan BJ Habibie ini berjenis sedan.

Berdasarkan keterangan berbagai sumber, mobil ini dirancang tahun 1996, dan diprediksi bakal memiliki efisiensi bahan bakar yang tinggi serta banderol tidak mahal.

Konon mobil tersebut dipatok harga jualnya agar tidak melebihi Rp 30 juta, agar mobil tersebut sangat terjangkau bagi masyarakat.

Mobil tersebut mengusung kapasitas mesin 1200cc yang dikembangkan dengan perusahaan Australia. Yang spesial dari mobil ini adalah mesin mobil tersebut yang menggunakan teknologi mesin dua tak dengan sistem pengabut bahan bakar injeksi.

Hal tersebut tentu membuat mobil ini mempunyai performa yang sangat bisa diandalkan namun dengan konsumsi bahan bakar yang irit.

Selain itu, mobil ini direncanakan mempunyai tingkat kandungan lokal di atas 80%. Dikutip dari Birminghamlive, mobil ini diprediksi bakal booming mengingat banyaknya penduduk di Tanah Air.

Karena hal tersebut, salah satu produsen mobil asal Inggris MG Rover tertarik bekerja sama terkait pengembangan mobil tersebut.

Namun karena pengembangan mobil tersebut batal, mereka kehilangan salah satu ‘kartu as’, membuat mereka menjadi bangkrut pada tahun 2005.

BACA JUGA: Pesan BJ Habibie ke Prabowo Subianto: You Sudah Jadi Profesor

Saat ini, pabrik MG Rover di Longbridge , Birmingham, Inggris masih berdiri dan terbengkalai. (put)

Loading Facebook Comments ...