Opini Aldi Afrihadi : Westernisasi Jadi Tradisi

Opini Aldi Afrihadi
Aldi Afrihadi, Mahasiswa Prodi Ilmu Pemerintahan Universitas Jambi. Foto : dok./ist.

Jambiseru.com – Westernisasi Jadi Tradisi : Melihat kisruh Farewell Party SMAN 1 Tanjabbar dari Prespektif Teori Psikologi Sosial.

Indonesia bukan hanya gugusan pulau yang terbentang dari Sabang hingga Merauke. Indonesia adalah gugusan budaya dengan corak dan keragamannya yang sangat kaya raya. Mencintai, merawat dan menjaga semua yang terkangdung didalamnya adalah sebuah keharusan. Bukankah perbedaan itu takdir tuhan yang tidak bisa di bantahkan lagi. Seketika kita mengaku mencintai budaya dan negeri tetapi tidak pernah merawatnya bukankah itu kebohonagan yang semata-mata atas nama cinta?.

Namun terlepas dari itu semua Peradaban Bangsa Indonesia saat ini dinilai mengalami kemunduran pada tingkat yang sangat drastis. Kemunduran ini tidak hanya dari cara berperilaku melainkan juga material budaya yang dihasilkan seperti lagu, tarian, dan karya budaya lainnya. Hal ini semua tentuntunya tidak terlepas dari kondisi zaman saat ini. Era ini kemudian dikenal dengan era globalisasi, sebagaimana seorang tokoh ahli sosiolog Inggris, Anthony Giddens mengatakan bahwa globalisasi merupakan intensifikasi hubungan sosial secara mendunia sehingga menghubungkan antara peristiwa di satu lokasi dengan lokasi lainnya serta menyebabkan terjadinya perubahan pada keduanya.

Bacaan Lainnya

Kemudian ditambah dengan kemajuan teknologi yang kian hari kian ter-modernisasikan oleh zaman taklah dapat di pungkiri lagi ketika kebudayaan yang masuk melalui akses dan di adopsi oleh seluruh masyrakat di Indonesia menjadi suatu tantangan. Terlebih yang menyasar dampak masuknya kebudayaan asing yang paling utama adalah menyasar kepada generasi muda bangsa, yang seharusnya di genggaman serta pundaknyalah sebuah kebudayaan peninggalan nenek moyang asli Indonesia dapat di lestarikan agar terus eksis hingga ke generasi berikutnya malah menjadi sebuah impian yang seakan harus sirna.

Selengkapnya di partner kami jambi.win

Pos terkait