Opini Jambi Musri Nauli : Muhibah

  • Whatsapp
Opini Jambi Musri Nauli
Musri Nauli. Foto : Istimewa

Lengkaplah sudah perjalanan Al Haris mengelilingi Provinsi Jambi. Sekaligus bertemu dengan walikota dan bupati se-Provinsi Jambi.

Dimulai menemui Bupati Batanghari dan berakhir bertemu dengan Wakil Bupati Sarolangun. Setelah sebelumnya bertemu Bupati Bungo dan sekaligus melantik Pj Bupati Merangin menjadi Bupati Merangin.

Baca Juga : Jalan Bangko – Kerinci Yang Lumpuh Sudah Bisa Dilalui

Di dalam ilmu komunikasi, bertemu dan berbicara langsung sekaligus mendatangi berbagai daerah bertemu Kepala Daerah merupakan salah satu strategi komunikasi yang efektif.

Di alam pemikiran masyarakat Melayu Jambi, pemimpin yang mendatangi rakyat sekaligus merasakan persoalan sebenarnya di tengah masyarakat, merupakan cara untuk mendengarkan langsung. Sekaligus mendapatkan solusi di tengah lapangan.

Berbagai keputusan cepat sekaligus tepat sasaran, justru dapat diambil dari persoalan riil di tengah masyarakat. Sekaligus keputusan yang langsung dibutuhkan masyarakat.

Dengan mendatangi dan bertemu dengan berbagai kepala daerah, selain membangun koordinasi untuk menghadapi pandemi covid, juga langsung membangun hubungan emosional. Hubungan yang dibutuhkan bersama-sama untuk menghadapi pandemi.

Di dalam berbagai literatur disebutkan, fungsi komunikasi masyarakat Melayu justru dapat digunakan untuk menjelaskan gagasan. Gagasan yang hendak disampaikan akan mudah ditangkap dengan verbal.

Selain itu, kedatangan Al Haris sebagai Gubernur Jambi, harus juga ditangkap sebagai simbol pemimpin yang sering disebutkan di dalam seloko ada Jambi seperti “Pohon Beringin. Pohon Gedang di tengah laman. Pohonnya teduh tempat belindung. Akarnya gedang tempat besilo. Dahannya kuat tempat “begayut”.

Dengan simbol kedatangan pemimpin di tengah masyarakat juga dapat digunakan sebagai alat sosialisasi.

Lihatlah. Al Haris di dalam berbagai kesempatan selalu menyampaikan gagasannys. Seperti di Batanghari sebagai daerah ketahanan pangan. Tanjabtim yang akan menjadi pintu untuk Pembangunan pelabuhan ujung Jabung.

Atau ke Bungo ketika menghadiri panen raya cabai. Sekaligus untuk pembukaan lahan baru untuk sentra pemasok cabai bagi Jambi. Selain juga seperti pertanian padi, jagung dan kedelai di dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat Jambi.

Atau ke Muaro Jambi yang membicarakan program-program strategis nasional seperti Tol Betung – Jambi dan kawasan Pelabuhan Kemingking.

Dengan mendatangi setiap tempat dan bertemu dengan Kepala daerah, Al Haris juga memaparkan berbagai program-program yang telah disusun di dalam visi-misi Jambi mantap.

Pos terkait