Rahasia Jadi Petani Sawit Kaya Raya

Monas Junior
Monas Junior

Wah, ini susah! Butuh ini itu yang tentu saja tidak semudah telapak tangan. Ditambah harga mesin-mesin pengolah TBS itu nilainya sangat mahal.

Ya, tentu saja. Mau kaya raya tanpa modal? Belajar di mana cuy?

Bacaan Lainnya

Tetapi, setidaknya, sekarang kita bisa tahu bahwa sebenarnya, dari TBS saja menghasilkan produk-produk lain bernilai tinggi.

Coba bayangkan, jika 1 tandan buah sawit seberat 10 kilogram, bisa menghasilkan -paling rendah-:

1 kg CPO seharga Rp 6.000

1 kg PKO seharga Rp 11.000

3 kg Cangkang sawit seharga Rp 700 x 3 = Rp 2.100 (penyusutan 30 persen dari TBS)

1 kg arang cangkang sawit seharga Rp 3.000 (penyusutan 30 persen dari cangkang)

Ditotalkan, 1 tandan seberat 10 kg, petani sawit bisa memperoleh penghasilan sebesar Rp 22.100. Atau setara dengan Rp 2.210 per kilogram TBS.

Baca Juga : OPINI : Kisah Suatu Magrib

Artinya, setiap 1 kg TBS, nilai uang yang didapat petani sawit semestinya bisa sebesar Rp 2.210, bukan malah Rp 600 – Rp 800 per kg seperti yang terjadi saat ini.

Sampai di sini, sepaham? Memang agak ribet hitung-hitungannya, tapi setidaknya begitulah fakta yang terjadi di lapangan.

Pabrik kelapa sawit (PKS), ternyata membeli dari petani sawit dengan harga jauh dari yang mereka dapat dari hasil jual produk ke pasar. Semua mereka dapat. Dari mulai CPO, PKO sampai cangkang sawit (karena arang cangkang harus melalui pengolahan di luar PKS, jadi tidak masuk hitungan).

Bukannya mau menghitung pendapat pabrik kelapa sawit, tetapi, setidaknya dari sini kita bisa mendapat gambaran bahwa lagi-lagi, petani lah yang jadi “korban”.

Kenapa korban? Karena petani, kebanyakan tidak tahu bahwa hasil dari 1 tandan buah sawit yang mereka jual ke pabrik, akan menjadi banyak produk layak jual yang bernilai tinggi.

Baiklah, jadi apa rahasia dan solusi agar menjadi petani sawit kaya raya? Jika, saat mengolah TBS secara mandiri, harus butuh modal kuat dan pasar yang terbuka lebar.

Jawabannya adalah pemerintah daerah.

Ads

Pos terkait

---

Video Restoran Masakan Jepang Sushimaru - Kuliner Jambi Seru

Video Jalanan Kersik Tuo Kerinci - Journey Travel Jambi Seru

Ads

Konser BTS - Jambi Seru

Kecelakaan Hari Ini - Jambi Seru

Harga Emas Jambi - Bisnis Jambi Seru

Gubernur Jambi Al Haris Kunjungan - Berita Jambi Seru

Gubernur Cup - Bola Jambi Seru

Ulasan Film Layangan Putus - Jambi Seru

ads