Hari Ini, ODP di Tebo Naik Menjadi 70 Orang

  • Whatsapp
virus-corona-antara
Virus Corona. (Antara)

Hari Ini, ODP di Tebo Naik Menjadi 70 Orang

Jambi, Tebo – Jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Tebo, Minggu (22/3/2020) naik menjadi 70 orang, Hal tersebut dinyatakan oleh Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Tebo, Dr Riana Elizabeth.

Bacaan Lainnya

Baca JugaHoax! WA Soal Malaysia-Singapura Akan Sebar Racun Bunuh Virus Corona

“Ada kenaikan di Puskesmas SP 2 dari 5 orang menjadi 6 orang dan Puskesmas Teluk Singkawang dari 0 menjadi 1 orang,” ujar Riana kepada wartawan.

Namun, Riana meminta agar masyarakat Tebo untuk tidak panik, karena ODP adalah orang yang dalam PP pemantauan, bukan orang yang positif terjangkit Corona atau Covid-19.

odp tebo
ODP di Tebo Naik Menjadi 70 Orang. Foto : Rian/Jambiseru.com

“Mereka yang masuk dalam ODP adalah orang-orang yang baru pulang dari daerah yang terjangkit Corona, atau orang yang tidak kemana-mana, tapi kontak dengan orang berpergian dari daerah terjangkit dan memiliki keluhan demam, atau batuk, atau pilek atau sesak napas, maka kondisinya akan dipantau 14 hari kedepan untuk memastikan apakah mereka terpapar atau tidak, dan orang tersebut diminta untuk melakukan isolasi mandiri,” terang Riana lagi.

Dikatakannya lagi jika orang tersebut baru pulang dari daerah terjangkit tapi tidak ada keluhan, maka orang tersebut akan masuk data skrining, akan dipantau 14 hari dan diminta untuk melakukan sosial distanting.

Baca JugaWaspada Corona, KPUD Batanghari Tunda Pelantikan PPS

“Dengan melakukan Sosial distanting diharapkan bisa memutus mata rantai penyebaran virus Corona di Tebo, jika dalam 14 hari tidak ada keluhan, maka orang tersebut aman, namun jika ada keluhan, maka orang tersebut statusnya masuk kedalam ODP,” pungkasnya. (yan)

Pos terkait