Antisipasi Kemarau, Pemkab Batanghari Percepat Musim Tanam

  • Whatsapp
sawah
Ilustrasi petani menanam padi. (ist)

Antisipasi Kemarau, Pemkab Batanghari Percepat Musim Tanam

Jambi Seru, Muarabulian – Antisipasi tingginya gagal panen tanaman padi, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batanghari, bakal mempercepat musim tanam, dari jadwal sebelumnya yakni di Bulan April dan Mei.

Bacaan Lainnya

Kepala Bidang Holtikultura Isnen mengatakan, berpedoman dari ramalan cuaca yang di keluarkan BMKG, musim kemarau di Tahun 2020 ini diperkirakan akan terjadi di dalam pertengahan bulan Mei. Untuk mengantisipasi dampak dari musim tersebut, Pemerintah merencanakan memajukan atau mempercepat musim tanam padi.

“Jika rencana awal musim tanam akan dilakukan pada bulan April dan Mei, namun kini dipercepat satu bulan lebih awal, maka musim tanam akan di lakukan di bulan Maret dan April,” katanya.

“Pihaknya kini juga tengah memproses pemesanan bantuan benih padi kepada suplayer, agar benih tersebut dapat segera disalurkan kepada kelompok tani di dua Kecamatan, yaitu Kecamatan Maro Sebo Ulu dan Kecamatan Mersam,” ujar Isnen.

Isnen juga menambahkan, upaya tersebut dilakukan sebagai bentuk menekan tingginya gagal panen atau fuso. Sehingga target panen padi seluas 8.230 hektar di tahun ini dapat tercapai. (riz)

Pos terkait