Selama Ramadhan Volume Sampah di Merangin Meningkat 2 Ton

sampah kerinci
Ilustrasi. Foto : Istimewa

Jambiseru.com – Selama bulan Ramadhan, volume sampah di Kabupaten Merangin meningkat hingga 4 persen per harinya. Totalnya, setiap hari Dinas Lingkungan Hidup mengangkut 48 ton sampah.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) Merangin, Zulhifni melalui Kasi Penanganan Sampah, Ermanto mengatakan, bahwa selama bulan puasa di tahun 2021 terjadi peningkatan sampah.

“Iya, memang ada peningkatan (sampah – red) sekitar 2 ton per harinya, biasanya 46 ton perhari tapi selama Ramadhan ini meningkat jadi 48 ton perhari,” ungkap Ermanto. Rabu (28/4/2021)

Dikatakan Ermanto, penambahan volume sampah selama Ramadhan itu membuat petugas kebersihan harus kerja ekstra. Pasalnya berdasarkan data yang didapatkan dari dinas Lingkungan Hidup (LH) Kabupaten Merangin, biasanya petugas hanya mengangkut sampah sebanyak 46 ton setiap harinya, tapi sekarang sampai 48 ton.

“Peningkatan itu terjadi seiring munculnya pasar beduk selama bulan puasa. Sehingga sampah baru yang muncul itu merupakan limbah rumah tangga,”imbuhnya.

Ia juga menjelaskan, Meski terjadi peningkatan, pihaknya tetap berupaya mengangkut sampah tersebut dan dipindahkan ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang berlokasi di Desa Langling, Kecamatan Bangko.

“Khusus untuk masyarakat merangin, DLH mengimbau agar mengurangi penggunaan sampah plastik, karena butuh waktu yang lama untuk penguraiannya,”tandasnya. (edo)

Pos terkait