Sinopsis Bocah Minyak Jelantah, Cerita Kisah Hidup Walikota Jambi

  • Whatsapp

JAMBISERU.COM — Anda ingin tahu sosok Walikota Jambi, Syarif Fasha? Baca sinopsis buku Bocah Minyak Jelantah, kisah hidup Walikota Jambi.

Hari ini, Sabtu (1/5/2021), Walikota Jambi, Syarif Fasha membedah buku yang berjudul Bocah Minyak Jelantah, karya Anab Afifi, yang bertempat di salah satu toko buku di Kota Jambi.

Bacaan Lainnya

Cerita dalam buku itu mengangkat sebuah kisah perjuangan anak miskin dari tepian Sungai Musi, yang meraih puncak kesuksesan. Anak miskin itu adalah Walikota Jambi dua periode, Syarif Fasha.

Syarif Fasha sejak kecil tinggal di Provinsi Sumatera Selatan. Ia dilahirkan dan dibesarkan dari keluarga miskin. Kehidupan yang pahit telah menjadi keseharianya.

Buku bocah minyak jelantah ini ditulis pada tahun 2016. Dan diterbitkan pada tahun 2017 lalu.

Anda mau tahu kenapa Walikota Jambi disebut sebagai bocah minyak jelantah?

Walikota Jambi, Syarif Fasha menyebutkan, ia disebut sebagai minyak jelantah karena sejak kecil ia bersama 7 saudara lainnya memanfaatkan minyak jelantah sebagai bahan makanan.

“Minyak jelantah ini kami gunakan untuk makan sejak kecil. Jadi minyak jelantah itu lauknya yang akan kami makan pakai nasi putih,” kata Syarif Fasha saat bedah buku.

Dikatakan Fasha, kenapa minyak jelantah sebagai makanan, karenan memang dahulunya kehidupan keluarganya bisa dikatakan miskin.

“Orang tua saya tidak bisa membeli dan memberikan lauk yang lebih,” ujarnya.

Fasha menyebutkan, yang dimaksud minyak jelantah itu adalah minyak yang sudah dipakai selama 3 sampai 4 kali.

“Minyak jelantah itu sudah dipakai berulang kali, bau nya lebih harum dan punya aroma sendiri. Itulah yang kami makan mengantikan lauk,” sebutnya.

Selain itu, Fasha mengungkapkan bahwa, buku bocah minyak jelantah itu di tulis untuk memotivasi anak-anak muda.

“Supaya, anak-anak muda jangan melihat dunia ini hitam putih,” tutupnya.(uda)

Pos terkait