Cegah Penyebaran Covid-19, Dishub Jambi Dibatalkan Program Mudik Gratis

Wing Gunariadi
Kepala Bidang Perhubungan Darat dan Perkeretaapian, Wing Gunariadi. Foto: Doni/Jambiseru.com

Cegah Penyebaran Covid-19, Program Mudik Gratis Dishub Jambi Dibatalkan

Jambi – Pemerintah Indonesia resmi melarang warganya melakukan mudik Lebaran 2020 untuk mencegah penyebaran virus Corona (Covid-19) ke berbagai daerah. Larangan ini disampaikan langsung oleh Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas, Selasa (21/4/2020).

Keputusan larangan mudik tak lepas dari hasil survei Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang mendata terdapat 24 persen warga masih nekat melaksanakan mudik, meski sudah ada imbauan sebelumnya dari pemerintah untuk tidak melakukan mudik. Dan aturan mengenai larangan mudik ini mulai diterapkan hari ini, Jumat (24/4/2020).

Bacaan Lainnya

Terkait hal tersebut, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jambi, Varial Adhi Putra melalui Kabid Perhubungan Darat dan Perkeretaapian, Wing Gunariyadi, mengatakan jika saat ini di Provinsi Jambi belum menetapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), artinya belum ada pembatasan operasional di bidang transportasi khususnya darat.

“Sehingga kita sifatnya imbauan untuk masyarakat agar tidak mudik, guna mencegah terjadinya penyebaran Covid-19. Meskipun tahun ini sebenarnya terdapat program mudik gratis, tapi dengan kondisi seperti ini akhirnya kita batalkan,” tuturnya.

Kendati demikian, Wing menyebut jika pihaknya tidak melarang transportasi darat (bus, red) untuk beroperasional. Namun tetap adanya pembatasan jarak (social distancing) di dalam kendaraan.

“Dengan begitu upaya pencegahan sedini mungkin dapat terkendali. Selain itu setiap loket juga diminta agar menyediakan hand sanitizer,” jelasnya.

Ditanyakan berapa jumlah transportasi darat yang ada, Wing mengaku saat ini pihaknya sedang mendata pengemudi maupun pemilik perusahaan Otobus yang terkena dampak pandemi Covid- 19 ini.

“Kita lagi mendata, karena sesuai info dari pemilik PO itu hampir 80 persen lebih adanya penurunan penumpang,” tandasnya. (yog)

Pos terkait