Gegara Tak Tepuk Tangan Sambut Kim Jong Un, Pejabat Ini Menghilang

  • Whatsapp
Kim Jong Un
Kim Jong Un. Foto : Istimewa

Jambiseru.com – Gegara tak ikut tepuk tangan saat menyambut kedatangan Kim Jong Un, seorang pejabat Korea Utara bernama Ri Yong Gil dikabarkan menghilang. Saat kejadian, ia tertangkap kamera tengah menunduk, disaat pejabat yang lain berdiri sembari tepuk tangan.

Menyadur UPI Kamis (05/08), nasibnya kini jadi misteri mengingat Kim Jong Un sering mengeksekusi pejabatnya yang ‘tak tertib’.

Semua ini bermula ketika surat kabar lokal, Rodong Sinmun merilis 48 foto lokakarya pada bulan Juni. Di halaman keempat, terlihat para pejabat Korea Utara berdiri sambil tepuk tangan pada pemimpin mereka, Kim Jong Un.

Sayangnya, ketika foto diambil Ri Yong Gil dalam kondisi duduk dan terlihat sedang menunduk seperti mengambil barang yang jatuh di bawah meja.

Pria yang menjabat sebagai Menteri Pertahanan Korea Utara itu sepertinya kini berada dalam situasi yang tak menguntungkan. Sebelumnya, banyak yang menduga Ri sudah dieksekusi mati ketika dipecat pada tahun 2016 lalu.

Tapi prediksi ini terbukti salah karena namanya ada dalam daftar anggota Politbiro yang berisi 10 pejabat senior Korea Utara lainnya pada Mei tahun itu.

Sejak mengambil alih kekuasaan, Kim Jong Un sudah mengeksekusi banyak orang termasuk pamannya Jang Song Thaek pada 2013 dan menteri pertahanan Hyon Yong Chol, pada 2015.

Hyon dipecat setelah didakwa dengan pembangkangan dan tertidur di pertemuan, menurut intelijen Korea Selatan pada saat itu. (tra)

Sumber : Suara.com (media partner Jambiseru.com)