Resep Thailand yang Menakjubkan

Resep Thailand
Ilustrasi Resep Thailand. Foto : Istimewa

Resep Thailand yang Menakjubkan

Jambi Seru – Rebung Bambu: Rebung disebut dalam banyak resep Thailand. Untuk menyiapkan rebung untuk dimasak, Anda perlu mengupasnya dan merebus batang bagian dalam yang berwarna putih selama 30 menit dalam air. Jika Anda menggunakan rebung kalengan, Anda hanya perlu merebusnya selama 10 menit, atau jika digunakan untuk kari atau sup, mungkin tidak perlu merebusnya.

Kemangi (segar): Ada tiga jenis kemangi yang digunakan dalam masakan Thailand; manis, suci dan lemon. Kemangi manis jauh lebih mudah ditemukan karena biasa digunakan dalam masakan barat. Kemangi suci memiliki rasa yang lebih pedas dan dapat dikenali dari daunnya yang sedikit berwarna ungu. Kemangi lemon memiliki rasa lemon dan dapat dideteksi dari aroma lemonnya yang khas. Jika Anda hanya dapat menemukan kemangi manis, Anda dapat mengganti kemangi suci atau lemon dengan menambahkan cabai cincang halus atau sedikit kulit lemon.

Bacaan Lainnya

Bergamot: Juga dikenal sebagai daun jeruk purut memiliki rasa sedikit seperti jeruk nipis yang cocok dengan semua masakan Thailand. Karena ini mungkin sulit ditemukan, kulit jeruk nipis dapat digunakan sebagai gantinya meskipun penggantinya buruk.

Pasta cabai: Ini dapat dibeli dalam botol atau tabung di hampir semua supermarket. Digunakan untuk menambahkan bumbu dan rasa ke sebagian besar hidangan, versi yang sangat populer oleh koki Thailand adalah pasta cabai ringan yang dibakar.

Jamur Cina: Jamur ditambahkan ke banyak masakan Thailand dan banyak orang memilih untuk menggunakan varietas kering karena lebih murah dan memiliki rasa dan nilai gizi yang sama. Anda perlu merendam jamur dalam air hangat selama 30 menit sebelum menggunakannya dan batangnya biasanya dibuang karena sifatnya yang keras.

Santan: Santan dapat dibeli dalam kaleng hampir di mana saja. Jika resep yang Anda gunakan memanggil sendok krim kelapa, zat putih yang lebih keras terbentuk di bagian atas kaleng. Jika Anda membutuhkan santan, aduk kaleng dengan seksama sebelum digunakan.

Pasta Kari: Sementara beberapa orang lebih suka menyiapkan pasta kari mereka sendiri, banyak kari botolan tersedia di supermarket. Kebanyakan resep menggunakan kari merah, hijau atau kuning.

Saus ikan: Terbuat dari mengumpulkan cairan dari ikan asin yang difermentasi, saus cokelat pucat dan berair ini terkadang digunakan untuk menggantikan semua garam dalam resep. Ini sangat beraroma dan melengkapi semua makanan Thailand. Ini disebut dalam banyak resep tetapi Anda juga dapat menggunakan imajinasi Anda dengannya, karena sangat serbaguna.

Lengkuas: Kerabat dekat jahe, digunakan dalam banyak kari dan sup. Karena sangat jarang ditemukan segar, Anda mungkin harus membelinya kering dan merendamnya dalam air selama 1 jam sebelum digunakan.

Bawang putih: Bawang putih Thailand mungkin tersedia di beberapa pasar Asia, namun jika Anda tidak dapat menemukannya, varietas Barat juga bisa digunakan. Gunakan cengkeh yang lebih kecil dan lebih rapat di kepala bawang putih Anda untuk masakan Thailand karena lebih beraroma dan tidak akan terlalu terpengaruh oleh bumbu dan rempah lain yang digunakan dalam hidangan Anda.

Jahe: Mudah ditemukan dan cukup sering digunakan dalam masakan modern, jahe sangat sehat dan beraroma. Itu harus dikupas sebelum diparut atau dicincang. Jahe segar jauh lebih baik daripada yang dikeringkan, meskipun kering dapat diganti jika diperlukan.

Serai: Serai adalah salah satu item yang paling umum digunakan dalam masakan Thailand. Ini adalah tangkai panjang yang terlihat seperti daun bawang kecil. Bagian luar yang keras harus dihilangkan dan bagian bawah yang bulat digunakan. Anda dapat menambahkan potongan irisan ke makanan Anda saat dimasak dan mengeluarkannya sebelum disajikan, atau Anda dapat mencampurkannya dalam food processor sehingga dapat dikonsumsi dengan hidangan, yang akan memberikan lebih banyak rasa.

Gula Aren: Beberapa resep Thailand meminta gula aren yang tersedia di beberapa pasar Asia sebagai balok yang dibungkus plastik. Jika gula aren tidak tersedia, Anda dapat menggantinya dengan gula merah tua atau sirup maple asli.

Nasi: Orang Thailand lebih suka nasi melati putih berbutir panjang. Ini adalah nasi beraroma dan beraroma yang mendinginkan dan melengkapi masakan Thailand yang pedas.

Kertas nasi: Digunakan untuk membuat lumpia segar Thailand, Anda dapat membeli kertas nasi di toko makanan mana pun. Untuk menggunakan kertas rendam (satu per satu) dalam air hangat sampai lembut dan lentur, lalu keringkan dengan handuk kertas dan segera gunakan.

Minyak Wijen: Minyak nabati yang berasal dari biji wijen yang diperas dan berasal dari India Timur. Ini adalah minyak yang sangat beraroma dan bekerja sangat baik dengan masakan Thailand.

Teknik persiapan dan memasak:

Sayuran: Sayuran yang digunakan dalam masakan Thailand harus dipotong sehalus mungkin. Idenya adalah bahwa semakin kecil potongannya, semakin sedikit waktu yang dibutuhkan untuk memasaknya, sehingga mempertahankan nutrisi sebanyak mungkin.

Tumisan: Kebanyakan orang pernah memasak tumisan sebelumnya, jadi akan terbiasa dengan metode memasak ini. Minyak harus dituangkan ke dalam wajan dan sayuran harus ditambahkan dengan api besar sambil terus diaduk. Sayuran hanya boleh digoreng selama beberapa detik agar tetap renyah dan berwarna cerah.

Mortar dan Alu: Sempurna untuk membuat saus, pasta kari, dan salad, setiap juru masak Thailand harus memiliki lesung dan alu lebih disukai yang terbuat dari tanah liat atau kayu.

Cincang: Karena masakan Thailand menggunakan begitu banyak bahan yang sangat beraroma, semuanya harus dicincang dengan sangat halus sehingga satu rasa tidak pernah mengalahkan yang lain. Anda harus selalu menggunakan pisau yang sangat tajam untuk ini.

Memanggang dan menggiling rempah-rempah: Saat menambahkan rempah-rempah dan rempah-rempah ke masakan Thailand Anda, Anda harus selalu memanggangnya dengan perlahan-lahan memanaskan masing-masing bumbu satu per satu dalam wajan sampai mulai pecah-pecah dan berubah menjadi cokelat. Ketika setiap bumbu selesai dipanggang, mereka harus digiling dengan sangat halus dalam food processor atau mortar.(red)

Pos terkait