Pilihan Penilaian untuk Disleksia Dewasa

Pilihan Penilaian untuk Disleksia Dewasa
Pilihan Penilaian untuk Disleksia Dewasa

Pilihan Penilaian untuk Disleksia Dewasa

Jambi Seru – Jika Anda berencana untuk mendapatkan penilaian untuk dugaan disleksia Anda, ada beberapa pilihan yang harus Anda pertimbangkan. Pada dasarnya, Anda bisa mendapatkan pemeriksaan atau penilaian disleksia formal dari beberapa profesional yang diizinkan untuk melakukannya.

Penilaian Dari Seorang Psikolog Pendidikan (EP)

Pilihan pertama Anda dan mungkin yang terbaik adalah mendapatkan penilaian dari psikolog pendidikan. Penilaian semacam ini dianggap yang paling komprehensif. Masalahnya adalah mereka lebih mahal.

Penilaian semacam ini, bagaimanapun, adalah yang sering diperlukan sebagai standar pembuktian oleh Pengadilan, Badan Pemeriksa, Otoritas Pendidikan Lokal, Sekolah Tinggi dan Universitas; itulah sebabnya mengapa mendapatkannya bisa sangat berharga, bahkan jika itu bisa menghabiskan banyak biaya.

Biasanya, Anda harus menjawab kuesioner untuk informasi latar belakang yang penting. Ini kemudian dikirim ke Psikolog Pendidikan. Selanjutnya, Anda memiliki pembicaraan penting dengan EP. Anda harus menjalani beberapa aktivitas yang biasanya memakan waktu 2-2 jam. Kemudian, EP akan memberikan diskusi singkat tentang hasil Anda.

Terakhir, Anda akan mendapatkan laporan tertulis penuh rahasia, ditambah dengan rekomendasi. Anda bisa mendapatkan laporan kurang lebih dalam waktu 3 minggu dari tanggal penilaian Anda.

Penilaian Guru Spesialis

Penilaian semacam ini juga komprehensif tetapi tidak diterima secara luas sebagai bukti kondisi daripada penilaian psikolog. Prosedur yang sama biasanya dilakukan, seperti mendapatkan penilaian dari EP.

Mereka juga melakukan penilaian singkat, di mana Anda harus melakukan beberapa aktivitas selama sekitar satu jam atau lebih. Setelah Anda menyelesaikan kegiatan, guru spesialis akan membahas hasilnya secara singkat dengan Anda. Dia juga akan membuat beberapa rekomendasi.

Terapis Okupasi (OT)

Anda juga bisa mendapatkan penilaian awal disleksia dari terapis okupasi independen. Hasil yang dihasilkan biasanya ditulis ke dalam program intervensi yang dirancang khusus untuk Anda. Anda kemudian dapat mengatur perawatan lanjutan, jika Anda harus melakukannya.

Menjalani terapi okupasi akan mengatasi kesulitan tertentu yang berkaitan dengan keseimbangan dan koordinasi. Kesulitan tersebut dapat bervariasi dari gerakan besar atau kasar seperti mengendarai sepeda hingga gerakan kecil atau halus seperti tulisan tangan. Namun, terapi okupasi terkadang dianggap lebih membantu dalam mengatasi dispraksia, yang merupakan kondisi terkait dengan disleksia.

Terapi Bicara dan Bahasa (SLT)

Terakhir, Anda dapat memilih untuk mendapatkan penilaian dari Terapis Bicara dan Bahasa. Terapis juga dapat memberikan penilaian awal terhadap kondisi Anda. Sama seperti mendapatkan penilaian Terapi Okupasi, hasil yang Anda peroleh akan ditulis ke dalam program intervensi yang disesuaikan untuk Anda. Kemudian Anda dapat mengatur sesi terapi dan perawatan untuk memulai intervensi Anda.

Terapi wicara dan bahasa dianggap sebagai salah satu program intervensi utama yang dapat dimiliki oleh penderita disleksia. Terapi ini terutama berfokus pada masalah bahasa, yang merupakan perhatian utama dari kondisi tersebut.

Di sini, hasil penilaian sudah mengidentifikasi apa kelemahan Anda. Terapis kemudian, secara otomatis mengatur program intervensi bagi Anda untuk mengatasi masalah khusus ini.

Biasanya, setelah Anda mendapatkan penilaian dari EP atau Guru Spesialis, mereka akan merekomendasikan Anda untuk menemui ahli patologi wicara dan bahasa untuk menjalani intervensi. Jika mereka mengamati bahwa Anda juga memiliki masalah dengan gerakan, maka mereka juga akan meminta Anda untuk menemui Okupasi Terapis. (red)

Pos terkait