Disleksia: Gejala yang Harus Diwaspadai

Disleksia: Gejala yang Harus Diwaspadai
Disleksia: Gejala yang Harus Diwaspadai

Disleksia: Gejala yang Harus Diwaspadai

Jambi Seru – Terkadang, seseorang dengan disleksia dapat mencapai usia dewasa tanpa mengetahui bahwa dia memiliki kondisi tersebut. Untuk menghindari hal ini terjadi, ada beberapa gejala kondisi yang dapat Anda waspadai untuk mengetahui apakah Anda harus mencari bantuan dan pendapat profesional untuk mengetahui apakah Anda memiliki kondisi tersebut atau tidak.

Disleksia dapat memanifestasikan dirinya dalam banyak cara yang berbeda. Beberapa gejalanya umum sementara beberapa bisa sangat jarang. Namun, semua gejala kondisi yang disajikan kemungkinan besar tidak muncul pada saat yang bersamaan untuk satu orang.

Perbedaan Prestasi

Seseorang dengan kondisi ini dapat memiliki perbedaan yang jelas antara keterampilan atau prestasi akademiknya, dan kinerja kehidupan nyatanya dalam keterampilan pemecahan masalah verbal dan praktis. Ini berarti, seorang penderita disleksia terkadang bisa sangat buruk dalam hal akademik, sementara dia dapat tampil baik ketika Anda hanya berurusan dengan pemecahan masalah sehari-hari yang normal.

Salah satu contohnya adalah seseorang yang memiliki nilai gagal dalam matematika dasar, tetapi dapat melakukannya dengan baik ketika diminta untuk mendapatkan sejumlah objek. Lain akan menjadi seseorang yang memiliki kesulitan dalam membaca kelas tetapi tampak normal ketika Anda berbicara dengan mereka.

Masalah Pemahaman

Gejala lain adalah masalah pemahaman. Jika Anda membutuhkan waktu lama hanya untuk membaca buku pendek dan mengalami kesulitan yang parah dalam memahaminya, maka kemungkinan besar, disleksia adalah penyebabnya. Sebagai contoh, sebuah buku dongeng anak sederhana dengan ilustrasi seperti The Ugly Duckling yang hanya memiliki sekitar sepuluh halaman, sudah membutuhkan waktu 45 menit untuk Anda membaca dan sepertinya Anda tidak dapat memahami apa yang Anda baca saat melakukannya.

Masalah Membaca Dan Ejaan

Memahami apa yang Anda baca mungkin bukan satu-satunya masalah yang Anda miliki. Anda mungkin juga memiliki masalah dengan membaca itu sendiri. Anda dapat melewatkan akhiran beberapa kata saat membacanya atau saat Anda mengejanya. Ini adalah salah satu gejala paling umum yang dapat muncul disleksia.

Misalnya, Anda membaca dan mengeja kata “bayi”. Saat membaca, yang mungkin terlintas di benak Anda hanyalah “bab”, jadi ketika Anda mengejanya, “bab” yang keluar.

Keterampilan Menulis yang Buruk

Dengan disleksia, keterampilan menulis Anda juga bisa sangat buruk. Anda cenderung memiliki tulisan tangan yang sangat buruk dan presentasi keseluruhan dari karya tulis Anda bisa sangat buruk. Anda tidak hanya akan memiliki ejaan yang buruk, tetapi Anda juga dapat memiliki beberapa tanda baca yang salah atau bahkan tidak digunakan sama sekali.

Blok Menulis

Blok menulis terjadi ketika sebagian besar penulis tiba-tiba kehilangan ide tentang apa yang harus ditulis. Namun, pada penderita disleksia, writing block dapat terjadi setiap kali dia mencoba untuk menulis sesuatu, meskipun apa yang akan dia tulis hanyalah sesuatu yang sederhana seperti namanya. Tidak dapat berkonsentrasi dan memikirkan apa yang akan Anda tulis, merupakan gejala umum lainnya dari kondisi ini.

Ini hanya beberapa gejala umum disleksia yang harus Anda waspadai. Jadi, jika Anda berpikir bahwa Anda memiliki manifestasi gejala-gejala ini dalam tingkat yang sangat ekstrim, maka Anda disarankan untuk berkonsultasi dengan profesional sekarang. (red)

Pos terkait