Apa Itu Ruqyah Mandiri Dan Bagaimana Bacaan Doanya

Ruqyah ilustrasi
Ruqyah ilustrasi. Source : ruqyahcirebon.com

Apa Itu Ruqyah Mandiri Dan Bagaimana Bacaan Doanya

Jambiseru.com – Apa Itu Ruqyah Mandiri Dan Bagaimana Bacaan Doanya- Banyak umat Islam yang bingung dengan topik Ruqyah. Apa sih sebenarnya Ruqyah dan apakah harus memiliki kredensial dan keterampilan khusus untuk melakukannya.

Banyak yang mengatakan bahwa Ruqyah adalah proses penyembuhan degan membacakan sesuatu pada orang yang sedang sakit akibat mata hasad, kegilaan, kerasukan, gangguan jin dan banyak lagi.

Bacaan Lainnya

Secara terminologi Ruqyah sama dengan doa, tidak lebih pembacaan ayat-ayat Al-Qur’an tertentu atau hadits otentik yang diketahui untuk mencari perlindungan kepada Allah. Lebih khusus lagi ayat-ayat ini dikatakan sebagai sumber penyembuhan. Dalam ruqyah mandiri yang paling penting adalah doa dan bacaannya yang bersumber dari Al-Qur’an dan As-Sunnah.

Ruqyah Mandiri

Ruqyah mandiri dapat dilakukan secara pribadi untuk diri sendiri maupun untuk orang lain. Pada dasarnya ruqyah rumah berisi ayat-ayat suci Al-Qur’an atau doa-doa dari hadits. Ruqyah mandiri dapat dilakukan secara pribadi untuk diri sendiri atau orang lain, untuk menyembuhkan penyakit atau gangguan jin.

Saat akan melakukan ruqyah secara mandiri, kondisi hati akan menentukan hasil akhir. Oleh karena itu, Anda harus menanamkan rasa percaya kepada Allah SWT di dalam hati Anda. Ada beberapa etika yang perlu dilakukan sebelum melakukan ruqyah secara mandiri menurut Islam, antara lain:

– Suci dari hadas besar atau kecil, dan percaya bahwa kesembuhan hanya datang dari Tuhan.
– Lakukan wudhu terlebih dahulu, karena saat membaca kalimat tayibah dianjurkan dalam keadaan suci.
– Ruqyah harus dengan Al-Qur’an dan hadits.
– Niat tulus dan menghadap Tuhan sambil membaca dan berdoa.
– Anda tidak perlu ahli untuk melakukan Ruqyah.

Sebenarnya yang paling baik dan paling sempurna adalah membaca ruqyah sendiri, bertanya kepada orang lain boleh saja, tapi ada hal yang lebih baik dilakukan oleh individu itu sendiri. Melakukan ruqyah tidaklah rumit, Anda bisa memulainya dengan membaca bacaan ayat-ayat ruqyah lengkap seperti Surat Fatihah atau Surat Al-Muawwidhaat atay Surat Falaq dan Surat Nas. Karena ini dianggap sebagai ayat perlindungan dan Sunnah Nabi biasa membacanya ketika dia sakit.

Apa Itu Magic Atau Black Magic Dan Apakah Nyata

Sihir itu nyata dan mengacu pada ilmu hitam atau santet. Dalam Islam hal itu dapat dipelajari oleh seseorang yang berilmu dan merupakan kejahatan yang serius. Ada banyak ayat dalam al-Quran yang membuktikan bahayanya.
Dalam Surah Baqarah ayat 102 Allah berfirman: Dan mereka mengikuti (sebagai gantinya) apa yang telah dibacakan Setan pada masa pemerintahan Sulaiman. Sulaiman bukan kafir melainkan setan-setan kafir yang mengajarkan ilmu gaib pada manusia.

Tetapi kedua malaikat itu tidak mengajar siapa pun kecuali mereka berkata, Kami ini cobaan, maka janganlah kamu kafir (dengan mengamalkan ilmu sihir). Dan mereka belajar dari mereka yang menyebabkan perpisahan antara seorang pria dan istrinya.

Baca juga di jambiseru.com : Apa itu : Kamus Istilah Trending

Dan orang-orang mempelajari apa yang berhasil untuk mereka dan apa yang tidak berhasil untuk mereka. Tetapi Bani Israil tentu mengetahui bahwa barang siapa yang membeli ilmu gaib tidak akan mendapat bagian di akhirat. Dan celakalah apa yang mereka jual sendiri jika mereka mengetahuinya.

Dan Dalam Surat Yunus Ayat 81,
Dan ketika mereka telah melempar, Musa berkata, Apa yang kamu bawa adalah [hanya] sihir. Sesungguhnya Allah akan mengungkapkan ketidakberdayaannya. Sesungguhnya Allah tidak mengubah pekerjaan orang yang rusak.

Cara Ruqyah

Proses yang benar adalah membuat keinginan ke telapak tangan Anda seperti yang Anda lakukan saat membuat doa. Setelah selesai dengan tangan Anda dan area yang nyaman menyebabkan rasa sakit yang tidak nyaman. Ketika Nabi Muhammad biasa sakit keras, Aisha akan melakukan ini untuknya seperti yang dilaporkan dalam hadits berikut.

Ayat Quran Untuk Ruqyah

Berikut daftar berbagai ayat dari Al-Quran: Surat fatihah, Surat Falaq, Surah An-Nas, Surat Ikhlas, Ayat Kursi (Surat Baqarah ayat 255), Surah Al Araf Ayat 106-122, Surah Taha Ayat 65-69, Surah Al-Kafirun.

Doa Ruqyah Dari Bacaan Hadist

Aisha (Semoga Allah senang dengan dia) melaporkan: Ketika Nabi mengunjungi anggota keluarganya yang sakit, ia akan menyentuh orang yang sakit dengan tangan kanannya dan berdoa: Allahumma Rabban-nasi, adhhibil-basa, washfi, Antash-Shafi.

Artinya: Ya Allah Singkirkan penyakit ini dan sembuhkan dia Anda adalah Penyembuh Agung. Tidak ada obat kecuali melalui Engkau yang tidak meninggalkan penyakit. [Al-Bukhari dan Muslim]. Rujukannya adalah Riyad As Salihin Buku 7, Hadits 10, dalam bahasa Arab doa ini tertulis:

اللَّهُمَّ النَّاسِ الْبَاسِ اشْفِ الشَّافِي لَا افِيَ لَّا اءً لَا ادِرُ ا

Dari Sahih Al-Bukhari 3371 kita dapat mempelajari dari Nabi Ibrahim (AS) yang sering membaca doa dan mencari perlindungan dari mata jahat. Dikisahkan oleh Ibn Abbas: Nabi bisa mencari perlindungan dari Allah SWT untuk Al-Hasan dan Al-Husain dan berkata: Nenek moyangmu yaitu Ibrahim biasa mencari perlindungan kepada Allah.

Dan untuk Ismail dan Ishak dengan membaca berikut: Audhu bi kalimatillahi al- tammati min kulli shaytaanin wa hammatin wa min kulli `aynin lammah Ya Allah, Saya mencari Perlindungan dengan Firman-Mu yang Sempurna dari setiap iblis dan dari hama beracun dan dari setiap mata yang jahat, berbahaya, dan iri.

لِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّةِ لِّ انٍ امَّةٍ، لِّ لاَمَّةٍ

Ruqyah Dua Jibril

Abu Said Al-Khudri r.a. laporan: Jibril datang kepada Nabi dan berkata: Wahai Muhammad, Apa kau merasa mual? Dia berkata, Ya. Jibril berdoa demikian (yaitu, ia melakukan Ruqyah): Bismilahi arqika, min kulli shayin yudhika, min sharri kulli nafsin aw ayni hasidi, Allahu yashfika, bismillahi arqika.

Dengan nama Allah, Aku membacakan untukmu (untuk membersihkanmu) dari semua yang menyusahkanmu, dan dari setiap bahaya yang berbahaya dan dari kejahatan mata orang-orang yang iri. Allah akan menyembuhkanmu dan dengan Nama Allah, aku membacakan untukmu. Doa keempat dan terakhir yang akan kita bahas dianjurkan untuk dibaca untuk menghilangkan rasa sakit. Disebutkan dalam Sahih Muslim 2202.

Utsman bin Abi Al-As meriwayatkan: Rasulullah datang kepadaku ketika aku merasakan sakit yang hampir meremukkanku. Kemudian Rasulullah (SAW) berkata: Gosok dengan tangan kananmu tujuh kali dan ucapkan Audhu billahi wa qudratihi min sharri ma ajidu wa uhadziru.

Artinya: Aku berlindung kepada Allah dan dengan kekuatan-Nya dari kejahatan yang aku lakukan. Dia berkata: Jadi saya melakukannya, dan Allah mengambil apa yang saya miliki, dan saya tidak pernah berhenti memberitahu keluarga saya dan orang lain untuk melakukannya.

اسْمِ اللَّهِ x3 اللَّهِ

Manfaat Membaca Ruqyah

Berikut beberapa hadits lain yang menyampaikan pentingnya Ruqyah serta kapan dan bagaimana membacanya. Diriwayatkan dari Aisyah bahwa Nabi biasa meniup ketika melakukan Ruqyah. Sunan Ibnu Majah 3528 tergolong Sahih (Darussalam).

Diriwayatkan dari Aisyah bahwa Nabi memerintahkannya untuk membaca Ruqyah untuk mengobati mata jahat. Sunan Ibnu Majah 3512 tergolong Sahih (Darussalam). Dalam Jami At-Tirmidzi 972 Jibril membacakan ruqyah untuk Nabi Muhammad untuk membantu penderitaannya. Itu untuk menyembuhkannya dari mata jahat dan mata jahat semua orang.

Baca juga di jambiseru.com : Surat Yasin Beserta Terjemahannya

Penggunaan Air Zam-Zam

Dalam hadits I bn Maajah 3062 tergolong hasan dan memberikan pemahaman tentang penggunaan air Zam-Zam. Konon, air bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Diriwayatkan bahwa Jabir bin Abdullah berkata: Aku mendengar Rasulullah bersabda: Air Zamzam adalah untuk apa saja yang diminumnya.

Artinya: Air Zam-Zam cukup untuk niyyah atau niat apa pun yang diminumnya. Jika diminum rasanya lebih baik, Allah akan membantu Anda. Jika Anda meminumnya untuk diberi makan, Allah akan memberi Anda makan. Jika Anda meminumnya untuk menghilangkan dahaga, Allah akan memuaskan keinginan Anda.

Kesimpulan

Insya Allah dengan pembacaan ayat-ayat Al-Qur’an dan doa-doa otentik di atas, Allah akan mendengar seruan kita untuk membantu dan akan membantu kita dalam banyak hal yang tidak dapat kita pahami.

Kami memohon kepada Allah dan mengingatnya dalam segala hal yang kami lakukan sehingga dia dapat menyembuhkan kami, melindungi rumah kami, keluarga kami, dan menjadikan kami di antara orang-orang beriman yang terbaik. Kuatkan imanmu (imanmu), abaikan bisikan setan, pahami sesuatu butuh waktu lebih lama dari yang kita duga.

Demikian penjelasan dari Situs Ruqyah Cirebon tentang apa itu Ruqyah Mandiri dan bagaimana bacaan doanya semoga bermanfaat, terimakasih.

Jambi Berita Terkini, Indonesia Terbaru, dan entertainment film yang tayang di web Jambiseru.com, juga tayang di medsos Jambi Seru.

Bisa lihat di:

1. Facebook Jambi Seru

2. Instagram Jambi Seru

3. Twitter Jambi Seru

4. Google News Jambi Seru

JANGAN LUPA FOLLOW, LIKE DAN SHARE MEDSOS JAMBISERU.COM

Informasi dan ingin kegiatan Anda diliput, hubungi redaksi Jambi Seru HP/WA : 0852-6759-9009 (Whatsapp Klik di sini )

Pos terkait