Sobat Ambyar, Sebuah Film Campur Sari yang Memikat

didi kempot
Didi Kempot. (Antara)

Jambiseru.com – Film Sobat Ambyar akan segera tayang di Netflix pada tanggal 14 Januari mendatang. Diproduseri dan dibintangi oleh mendiang Didi Kempot, “Godfather of Broken Heart,” film yang telah lama dinantikan ini menceritakan mengenai pahit-manisnya cinta dan patah hati, yang diiringi oleh berbagai lagu campursari sang maestro yang populer. Berikut ini adalah kisah-kisah menarik seputar Sobat Ambyar yang disampaikan oleh para sutradara dan pemain.

Baca Juga : Film Indo Terbaru Layla Majnun, Pertemuan Dua Negara

Inspirasi sang Sutradara

Sutradara Bagus Bramanti dan Charles Gozali mengaku bahwa inspirasi mereka datang dari fenomena Didi Kempot dan sobat ambyar. Sebagai penggemar Didi Kempot sejak lama, keduanya melihat hal yang unik di mana anak-anak muda zaman sekarang dapat menggemari seorang maestro campursari. Bagus menjelaskan lebih lanjut mengenai bagaimana ide film ini akhirnya tercipta. Dia mendengar ungkapan “patah hati dijogeti” yang dilontarkan Didi Kempot dalam sebuah video di YouTube, dan tertarik untuk menerjemahkan hal ini sebagai sebuah film.

Bacaan Lainnya

Timnya pun melakukan sebuah FGD (Forum Group Discussion) bersama beberapa penggemar Didi Kempot, di mana cerita-cerita peserta akhirnya dirangkum dan dijadikan sebuah skenario. “Kami sangat menghormati keberadaan Mas Didi dan sobat ambyar, dan kami mencoba menangkap semangat mereka,” ujar Bagus.

Warisan sang Maestro

Kepergian Didi Kempot yang mendadak tahun lalu meninggalkan duka yang mendalam bagi para kru dan pemain Sobat Ambyar. Sutradara Charles Gozali berkomentar mengenai sebuah rasa tanggung jawab yang dipikulnya dalam berupaya menjaga warisan Didi Kempot. Charles ingin membawa energi dan semangat yang besar ke dalam film ini agar tidak menyia-nyiakan kepercayaan yang diberikan oleh beliau. “Semoga hari ini dan ke depannya, Mas Didi bisa tersenyum dari surga melihat apa yang sudah kami coba persembahkan bagi beliau, masyarakat, dan sobat ambyar.”

Baca Juga: Promo Terbaru Serial Anime Godzilla Singular Point Memberikan Tampilan Baru dari Sang Raja Monster
Hal ini ini juga disetujui oleh Bagus Bramanti yang menambahkan, “Kami tidak pernah membayangkan bisa bekerja dengan Mas Didi. Sebuah kehormatan sekaligus tanggung jawab besar untuk menjadi pihak pertama dan terakhir yang menerjemahkan siapa karakter Mas Didi dalam dunia sinematik.”

Momen Ambyar

Asri Welas menceritakan momen ambyar mengenai proses pembuatan film, seperti orang-orang yang menangis melihat Didi Kempot bernyanyi saat syuting. Asri melanjutkan bahwa kepergian Didi Kempot cukup membuat hatinya ambyar, dan bagaimana film ini adalah karya terakhir beliau yang tidak boleh dilewatkan orang-orang. “Film ini begitu mewakili rasa kehilangan sahabat dan sosok budayawan yang bekerja sangat konsisten di bidangnya, hingga diapresiasi oleh bangsanya.”

Sementara itu, Mo Sidik berbagi kekecewaannya karena tidak sempat bertemu dengan Didi Kempot, “Berharap dapat bertemu ketika penayangan film, namun ternyata tidak bisa.”

Unsur Lokal yang Kental

Sutradara Charles Gozali melihat Sobat Ambyar sebagai film yang mengantarkan konten-konten seperti kearifan budaya lokal, dan lagu campursari. Dia ingin mengikuti pesan Didi Kempot yang mengatakan bahwa anak muda jangan malu menyanyikan lagu daerah. Sementara itu, Bagus Bramanti melihat lagu-lagu yang Didi Kempot tinggalkan menginspirasi bagaimana nostalgia Jawa di masa lalu dan masa sekarang.

Hal serupa juga disampaikan oleh pemain Sisca JKT48, di mana menurutnya penggunaan dialog yang sebagian besar dalam bahasa Jawa menjadi unsur lokal yang sangat menarik. “Sebagai orang Jawa, saya bangga film ini bisa tayang di Netflix dan bisa ditonton oleh banyak orang dari luar negeri. Semoga unsur-unsur lokal yang cantik di film ini bisa membuat orang-orang yang belum tahu terlalu banyak tentang Indonesia, menjadi penasaran untuk mempelajari budaya kita.”

Tema Patah Hati

Sobat Ambyar mengangkat tema patah hati, yang akan terasa familiar oleh siapa pun. Aktor dan aktris muda berbakat Bhisma Mulia dan Denira Wiraguna berperan sebagai Jatmiko dan Saras, di mana keduanya mewakili sosok yang mematahkan hati dan yang terpatahkan hatinya. Bhisma dan Saras pun berkomentar mengenai pelajaran yang didapat dari karakter mereka. Bagi Denira, ia merasa bahwa ada aspek-aspek lain yang ikut terdampak ketika mematahkan perasaan seseorang, seperti kehidupan sehari-hari dan pekerjaan.

Sementara itu, Bhisma menjelaskan dari sisi yang disakiti. “Mengutip kata Pakde Didi, ambyar dijogeti bukan berarti melupakan, karena pasti tidak mungkin bisa lupa begitu saja. Saya mengambil patah hati sebagai motivasi untuk lebih baik lagi.”

Pemain Erick Estrada menambahkan dengan memberikan sebuah nasihat yang unik. “Baik perempuan maupun laki-laki, jangan pernah memainkan hati, karena banyak hati di luar sana yang menanti. Obat untuk sakit hati hanya satu: cari saja penggantinya.”

Jangan lewatkan penayangan Sobat Ambyar sudah dimulai pada tanggal 14 Januari, hanya di Netflix. (*)

Sumber : Cinemags.co.id–media partner Jambiseru.com

Pos terkait