Review Film Divergent, Perjuangan Gadis 16 Tahun Menentukan Masa Depannya

Film Divergent
Review Film Divergent. Foto : Istimewa

Jambiseru.com – Diadaptasi dari novel trilogi yang ditulis oleh Veronica Roth, film ini menjadi film pertama yang rilis perdana di tahun 2014. Dari 4 series yanag telah ditulis, baru dua seri saja yang ditulis dengan series The Divergent Series Insurgent (2015) dan The Divergent Series: Allegiant (2016).

Baca JugaReview Film Deepwater Horizon, Kisah Nyata Terjadinya Bencana Teluk Meksiko

Naskahnya sendiri ditulis oleh sang penulis Veronica Roth bersama dua rekannya vanessa Tylor dan Evan Daugherty. Dengan durasi 139 menit, film ini berhasil mengantongi pendapatan hingga 200 juta lebih.

Bacaan Lainnya

Film ini berkisah mengenai Beatris, gadis 16 tahun yang berada di dunia distopia. Dalam dunia distopia, masyarakat akan dibagi menjadi lim akelompok, diantaranya Erudite (golongan jenius), Dauntless (golongan pemberani), Amity (Golongan Cinta Damai), Candor  (golongan jujur), trakhir Abnegation (golongan penolong tanpa pamrih). 

 Untk mengetahui golongan seseorang, maka anak-anak yang telah memasuki usia 16 tahun ini akan dihadapkan pada serangkaian tes. Di tahun ini Beatris atau akrab disapa Tris menjadi salahs atu pesertanya. Tak hanya Tris, namun adiknya pun turut serta juga dalam tes ini. Adik Tris Caleb Prior (Ansel Egrof) memilih untuk bergabung dengan Erudite. 

Giliran Tris untuk melalui tes dan memilih, ia memilih bergabung dengan Dauntless. Kehidupan di dalam Dauntless sangatlah keras. Awalnya Tris kesulitan untuk beradaptasi, namun berkat bantuan mentornya, Four (The James), Tris mampu melewati serangkaian tes yang diberikan. 

Terikat hubungan mentor dan murid membuat Tris dan Four menjadi semakin dekat. Kedekatan keduanya justru membuat Tris menyadari bahwa ia memiliki kelima sifat yang menjadi atribut setiap faksi (disebut Divergent), sama seperti Four. 

Tris juga mengetahui bahwa ada rencana jahat dibalik pembentukan lima kelompok ini. Keberadaan Divergent ini sangat bertentangan dengan pemerintah, sehingga kaum Divergent sangat ditolak.

Baca JugaReview Film Southpaw, Kehidupan Seorang Petinju

Cerita berlanjut dengan mengikuti langkah Tris dan Four. Lalu, apakah yang akan dilakukan Tris dan Four selanjutnya? Mampukah mereka melarikan diri dari kejaran pemerintah yang menolak kehadiran mereka? Nonton film Divergent. (*)

Pos terkait