Dongeng Sebelum Tidur: Bujang Itam dan Putri Senyum Embun

Dongeng sebelum tidur ilustrasi
Dongeng sebelum tidur ilustrasi

Dongeng Sebelum Tidur: Bujang Itam dan Putri Senyum Embun

(Saran: Bacakan dongeng ini dengan nada yang lembut)

Dongeng anak ini ditulis oleh : Monas Junior *

— Ini adalah cerita fiksi atau karangan belaka. Jika ada kesamaan nama, tempat, peristiwa dan lain-lain, itu adalah kebetulan belaka–

Bacaan Lainnya

Tersebutlah seorang anak bujang yang hobi masuk keluar hutan di daerah pebukitan Jangkat. Sejak masih remaja Bujang Itam ini sudah terbiasa bemalam di hutan tanpa ditemani siapa-siapa.

Saking banyaknya ia menghabiskan waktu di hutan, kawan-kawannya jadi sedikit. Orang tua Bujang Itam juga tak mampu menahan anaknya agar tidak terus-terusan ke hutan.

Tetapi Bujang Itam tetap tekun ke hutan. Tanpa sepengetahuan orang banyak, diam-diam, Bujang Itam menjalankan misi rahasianya.

“Di dalam hutan itu, di bukit-bukit barisan itu, ada goa yang isinya penuh dengan emas. Hanya orang-orang tekun dan terpilih yang bisa menemukan dan memanfaatkan emas di sana,” cerita mendiang datuknya kepada Bujang Itam ketika dia masih kecil.

Sejak saat itu Bujang Itam jadi terobsesi dengan hutan, bukit dan goa emas di bukit barisan Jangkat itu.

Hari ke hari, bulan ke bulan, tahun ke tahun, Bujang Itam sibuk bolak balik masuk keluar hutan. Dia tak peduli hujan, panas, badai, dingin, panas, setiap hari kerjanya mencari goa emas.

Orang-orang desa bahkan menganggap Bujang Itam orang gila. Itu karena saking asyiknya ia ke hutan sehingga badannya kurus tak terurus dan sikap yang tertutup.

“Aku bisa. Aku bisa menemukan goa itu. Aku bisa!” kata Bujang Itam dalam hati.

Kawan-kawannya kini sudah banyak yang menikah dan beranak pinak. Tetapi Bujang Itam masih saja membujang. Sampai akhirnya ia mendapat gelar Si Bujang Lapuk (istilah untuk bujangan tua yang belum menikah).

Baca juga di Jambiseru.com – Jambi Seru :
Dongeng Tidur untuk Anak: Putri Cantik dan Kancil Si Raja Ketimun

Setiap bertemu kawan-kawan, Bujang Lapuk selalu di-bully. Namun ia diam saja. Tak menanggapi, tersenyum, lalu pergi ke dalam hutan.

Tapi diam-diam pula, ada gadis bernama Putri Senyum Embun yang tak lain tetangganya, selalu memperhatikan Bujang Lapuk. Gadis itu sangat cantik. Dia sudah lama memendam hati kepada Bujang. Namun Bujang tak tahu isi hati Putri Senyum Embun.

Putri memandang Bujang sebagai lelaki yang gigih dan pekerja keras. Dia tak memandang fisik Bujang Lapuk. Kekukuhan hati Bujang dalam mengejar impian, membuat Putri Senyum Embun tergila-gila.

Ia berkali-kali mencoba menegur Bujang. Tapi Bujang cuek. Atau mungkin ia tak percaya diri karena ia adalah si buruk rupa sedang Putri adalah si cantik jelita.

Satu saat, Bujang Lapuk tak pulang-pulang ke kampung. Setelah hampir dua pekan Bujang tak pulang, Putri Senyum Embun nekat masuk ke hutan sendirian.

Menyusuri pohon-pohon yang besar, semak-semak tinggi, hewan-hewan buas, Putri Senyum Embun menyusuri hutan dengan cepat. Ia mencari-cari keberadaan Bujang Lapuk.

Sampai akhirnya Putri menemukan Bujang sedang tidur di atas pondok tepi sungai. Ia naik ke pondok, dan mengetahui bahwa Bujang sedang demam tinggi.

Putri berlari ke desa dan meminta bantuan orang tua serta mantri desa. Berkat gerak cepat Putri, Bujang berhasil selamat dari sakit parah.

Setelah sembuh, Bujang Lapuk tetap tak berani menyatakan cintanya kepada Putri. Ia lagi-lagi nekat mau masuk ke hutan.

Tetapi orang tua Bujang membujuk dan meminta agar ia menikahi Putri Senyum Embun. Akhirnya mereka menikah walau dengan acara yang sederhana.

Baca juga di Jambiseru.com – Jambi Seru :
Novel Jambi, “Pemburu Emas” – By Monas Junior

Sejak hari itu, Bujang Itam melepas julukannya Bujang Lapuk. Ia sudah beristri. Istrinya cantik jelita.

Setelah menikah, Bujang dan Putri kembali masuk ke hutan. Berdua mereka mencari goa emas itu dari hari ke hari, minggu ke minggu, bulan ke bulan, tahun ke tahun.

Saking lamanya mereka di hutan, orang-orang desa mulai melupakan pasangan itu.

Mereka baru kaget ketika Bujang Itam dan Putri Senyum Embun kembali ke desa membawa banyak sekali bongkahan emas.

Begitu sampai di rumah orang tuanya, Bujang dan Putri menceritakan petualangan mereka di dalam hutan. Menghadapi bahaya sampai akhirnya berhasil menemukan goa emas.

Orang-orang desa datang dan memenuhi rumah mereka. Tapi karena Bujang dan Putri punya hati emas, keduanya rela membagikan bongkahan-bongkahan emas kepada penduduk desa.

Baca juga di Jambiseru.com – Jambi Seru :
Novel Jambi : Gadis Bersenyum Surga (1) by Monas Junior

Sehingga, dengan cepat desa mereka berkembang dan menjadi desa maju. Penduduk desa semuanya makmur berkat Bujang Itam dan Putri Senyum Embun.

Akhirnya mereka berdua, keluarga besar dan seluruh penduduk desa hidup bahagia.

Makna cerita dongeng ini adalah, untuk maju, dibutuhkan pendamping yang setia dan mau menjalani hidup bersama dalam susah maupun senang. Dan, jangan pernah memadamkan impian.(***)

Jambi, Desember 2021

* Monas Junior adalah nama pena dari Alpadli Monas. Jurnalis dan juga cerpenis dari Jambi – Sumatera – Indonesia. Telah menerbitkan Novel berjudul “Pemburu Emas: Legenda Bermula”, Kumpulan Cerpen; “Apa yang Kau Lihat”, “Aum” dan “Harimau Sumatera”.

Catatan penulis:

Manfaat membacakan dongeng untuk anak

Ada banyak manfaat orang tua membacakan dongeng kepada anak sebelum tidur. Di antaranya adalah, memicu daya kreativitas atau imajinasi dan mengasah otak kanan anak.

Otak kanan adalah bagian saraf yang berfungsi sebagai olah rasa, seni dan imajinasi manusia. Sedangkan otak kiri, untuk eksakta atau hitung-hitungan.

Jika rutin membacakan dongeng untuk anak setiap mau tidur, dipercaya saat besar nanti, anak-anak bisa menghadapi hidupnya dengan lebih mudah karena otak kanan dan otak kirinya bekerja maksimal.

Sebab, kadangkala, masalah yang ada harus dihadapi dengan kreativitas dan imajinasi yang tinggi. Keputusan-keputusan cepat dan tepat, akan dihasilkan oleh orang yang cerdas dan punya kreativitas tinggi.

Jadi, disarankan membacakan dongeng kepada anak sebelum tidur. Ayo, budayakan lagi membacakan dongeng anak di malam hari.

Semoga generasi Indonesia nantinya cerdas-cerdas dan baik-baik hati dengan dongeng yang berkualitas dan sarat makna kebajikan.

Salam, Monas Junior

Terkait dengan :
dongeng,
Jangkat,
Bujang Itam,
Putri Senyum Embun,
Goa Emas,
dongeng sebelum tidur,
dongeng anak,
dongeng anak sebelum tidur,
dongeng anak bobo,
dongeng anak bahasa indonesia,
dongeng anak balita,
dongeng anak baik,
dongeng anak cerita rakyat,

Jambi Berita Terkini, Indonesia Terbaru, dan entertainment film yang tayang di web Jambiseru.com, juga tayang di medsos Jambi Seru.

Bisa lihat di:

1. Facebook Jambi Seru

2. Instagram Jambi Seru

3. Twitter Jambi Seru

4. Google News Jambi Seru

JANGAN LUPA FOLLOW, LIKE DAN SHARE MEDSOS JAMBISERU.COM

Informasi dan ingin kegiatan Anda diliput, hubungi redaksi Jambi Seru HP/WA : 0852-6759-9009 (Whatsapp Klik di sini )

Pos terkait