Kades Tambang Emas Replanting 7 Hektar Lahan TKD: Setelah Panen Akan Dikelola BUMDes

Tambang Emas Kembali Ditanami Sawit
Kepala Desa Tambang Emas, Juarno

Jambi Seru – Guna meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes), pemerintah Desa Tambang Emas, Kecamatan Pamenang Selatan, Kabupaten Merangin melakukan repanting 7 hektar lahan Tanah Kas Desa (TKD). Lahan tersebut ditanami sawit baru.

Menurut Kepala Desa Tambang Emas, Juarno bahwa, lahan seluas 7 hektar tersebut saat ini telah ditanami sawit.

“Sebenarnya kita hanya melanjutkan program lama, setelah di replanting kita tanam kembali bibit sawit. Untuk jumlahnya sendiri 3 kapling atau kurang lebih 7 hektar,” kata Juarno. kepada Jambiseru.com, Senin (25/7/2022)

Bacaan Lainnya

Kades dua periode itu menambahkan, kebun sawit TKD Tambang Emas saat ini belum menghasilkan. Namun jika nanti sudah menghasilkan, maka pengelolaannya akan diserahkan pada Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).

“Saat ini usianya kurang lebih 2 tahun, mungkin 2 tahun lagi sudah bisa panen, nanti hasilnya masuk ke Kas Bumdes,” tambahnya.

Di sisi lain, Juarno juga meminta kepada Bumdes Tambang Emas agar lebih aktif dan kreatif. Dia juga berharap semoga harga Tandan Buah Segar (TBS) sawit kembali normal.

“Meskipun tidak luas, tapi paling tidak Desa Tambang Emas nantinya punya Pendapatan Asli Desa (PADes) yang dikelola Bumdes,” pungkasnya. (edo)

Pos terkait