Singkirkan Spanyol Lewat Adu Penalti, Italia ke Final Euro 2020

Italia vs Inggris
Para pemain Italia merayakan setelah memenangkan pertandingan sepak bola semifinal EURO 2020 antara Italia melawan Spanyol di Stadion Wembley, London, Inggris, Rabu (7/7) dini hari WIB. [Photo/AFP]

Jambiseru.com – Italia ke Final Euro 2020 setelah menyingkirkan Spanyol lewat drama adu penalti. Kiper Gianluigi Donnarumma jadi pahlawan Italia usai mementahkan tendangan pemain Spanyol Alvaro Morata.

Sebelumnya, Morata lah yang memaksa pertandingan dilanjutkan ke babak adu penalti usai menyamakan skor 1-1 dari gol Federico Chiesa di babak kedua pertandingan di Stadion Wembley, Rabu (7/7/2021) dini hari WIB.

Empat algojo Italia mampu menjalankan tugasnya pada drama adu penalti ini, sementara cuma dua dari empat penendang Spanyol yang berhasil.

Bacaan Lainnya

Penendang terakhir Spanyol sudah tak diperlukan lagi lantaran sudah tidak menentukan. Skor akhir adu penalti adalah 4-2 bagi Italia.

Keempat algojo Italia yang sukses adalah Andrea Belotti, Leonardo Bonucci, Federico Bernardeschi dan Jorginho, sedangkan algojo pertama Gli Azzurri Manuel Locatelli gagal lantaran diselamatkan oleh kiper Spanyol Unai Simon.

Sebaliknya Spanyol cuma mampu dari dua penendang, yakni Gerard Moreno dan Thiago Alcantara, sementara Dani Olmo melebar di atas gawang dan Morata ditepis oleh kiper Gianluigi Donnarumma.

Untuk pertama kalinya Spanyol gagal menang di semifinal Euro dari lima babak semifinal yang sudah mereka jalani. Tiga di antara itu berakhir dengan status juara Eropa.

Babak Adu penalti usai skor 1-1 menyusul gol Alvaro Morata menggagalkan kemenangan Italia dari gol Federico Chiesa di babak kedua yang bertahan hingga 120 menit pertandingan semifinal Euro 2020 ini.

Spanyol memneri tekanan dan menyerang secara bergelombang tetapi cuma sedikit peluang, termasuk di menit ke-25 kiper Gianluigi Donnarumma membuat penyelamatan apik saat mementahkan sepakan striker Spanyol Dani Olmo.

Delapan menit setelah itu Olmo kembali menembus bek Italia guna menyambut bola dari Koke tetapi sepakan kaki kanannya melebar di atas gawang Donnarumma.

Italia baru mampu menciptakan peluang gol pertamanya pada menit ke-45 yang juga menjadi peluang terbaik di babak pertama ini, saat tendangan beki kiri Emerson Palmeiri membentur tiang gawang Spanyol.

Pada babak kedua, laga lebih sengit lagi. Kedua tim saling balas mengancam di menit-menit pertama babak kedua. Ciro Immobile membuang peluang gol saat tinggal menghadapi Unai Simon pada menit ke-49, sebaliknya Sergio Busquets nyaris memecah kebuntuan saat menyundul bola dari Mikel Oyarzabal.

Selang lima menit kemudian, baik Donnarumma ataupun Simon melakukan penyelamatan masing-masing dari Federico Chiesa dan Oyarzabal.

Barulah di menit ke-60 Italia akhirnya memecah kebuntuan berawal dari serangan balik ketika Federico Chiesa mengakhiri manuver empat pemain yang dimulai sodoran bola dari tangan kiper Gianlugi Donnarumma ke Marco Verratti yang sambil berlari menerima dan mengiringnya ke jantung pertahanan Spanyol.

Chiesa menyudahi gebrakan yang cuma terjadi beberapa detik usai gawang Italia nyaris dibobol Spanyol itu dengan melepaskan sepakan melengkung melewati hadangan dua bek Spanyol ke arah sudut jauh gawang Spanyol dari arah kiri lapangan yang tidak mampu dihalau kiper Unai Simon.

21 menit kemudian pada menit ke-80 Spanyol menyamakan skor saat pemain pengganti Alvaro Morata membobol gawang Donnarumma dari luar kotak penalti Azzurri menyusul umpan dari Dani Olmo. Gol ini terjadi cuma beberapa detik usai Domenico Berardi nyair membobol lagi gawang Spanyol yang kali ini Unai Simon mampu menangkap bola.

Kedudukan 1-1 tak berubah walau Spanyol tak berhenti menyerang pertahanan Italia yang kokoh oleh padunya Giovanni Di Lorenzo, Leonardo Bonucci dan Giorgio Chiellini di jantung pertahanan Azzurri.

Kondisi tersebut membuat pertandingan dilanjutkan ke babak tambahan 2×15 menit dan selama babak ini juga skor 1-1 tak berubah sampai laga dilanjutkan ke adu penalti. (esa)

Sumber : Suara.com (media partner Jambiseru.com) judul asli “Italia vs Spanyol: Menang Adu Penalti, Gli Azzurri Lolos ke Final Euro 2020

Pos terkait