Resmi Tinggalkan Barcelona, Ini Klub Baru Lionel Messi?

Klub Baru Lionel Messi
Lionel Messi. Foto : Istimewa

Jambiseru.com – Barcelona sudah resmi mengumumkan perpisahannya bersama Lionel Messi. Megabintang asal Argentina itu kini memiliki kebebasan penuh guna menentukan klub baru.

Walau kontrak Messi telah habis pada akhir Juni lalu, Barcelona pada beberapa bulan terakhir berusaha keras guna memberikan sang pemain sebuah kesepakatan baru.

Dilansir dari Suara.com (media partner Jambiseru.com) pihak Barcelona dan Messi sudah beberapa kali melakukan pembicaraan guna menyepakati kontrak baru.

Bacaan Lainnya

Secara prinsip, kedua pihak sudah mencapai sebuah kesepakatan tiga pekan lalu dan bakal diresmikan pada Kamis (5/7/2021). Tapi, Barcelona secara mengejutkan mengumumkan jika Messi tidak bakal lagi meneruskan kariernya di Camp Nou. Itu lanaran tertahan aturan finansial dari Liga Spanyol.

Pilihan klub baru Messi bakal terbatas, karena tingginya nilai gaji yang sulit dipenuhi oleh klub-klub besar sekalipun.

Tapi, menurut Marca, ada dua klub elite Eropa yang dianggap punya kekuatan finansial guna memenuhi permintaan gaji juara enam kali Ballon d’Or itu. Kedua klub itu ialah Paris Saint-Germain (PSG) dan Manchester City.

Selain dua klub itu, Messi sendiri pernah mengatakan ketertarikannya untuk merasakan kompetisi Major League Soccer di Amerika Serikat (AS). Namun, dia diperkirakan masih mau terus bermain di level tertinggi untuk sementara waktu.

Manchester City

Manchester City merupakan tim favorit untuk mengontrak Messi, tetapi mereka baru saja menghabiskan banyak uang guna mendatangkan Jack Grealish dari Aston Villa dan masih tertarik dengan penyerang Spurs, Harry Kane yang kemungkinan bakal menelan biaya 130 juta poundsterling (sekitar Rp2,60 triliun).

Pep Guardiola belum mampu memenangkan Liga Champions sebagai pelatih tanpa Messi dan mungkin kedatangan mantan pemain besutannya itu bisa mewujudkan hal tersebut.

Messi juga memiliki peluang besar menjuarai trofi Liga Premier Inggris, dengan Manchester City saat ini dinilai punya skuad terbaik di Inggris.

Walau Manchester City memiliki dukungan finansial yang kuat dari City Football Group milik Sheikh Mansour. Tapi, mereka harus waspada karena regulasi Financial Fair Play dari UEFA akan selalu mengintainya.

Paris Saint-Germain (PSG)

PSG jadi tujuan yang paling realistis untuk Messi. Tapi, fokus utama klub Prancis itu saat ini ialah memperbarui kontrak Kylian Mbappe.

Untuk Messi, PSG bisa menjadi klub yang sempurna bagi memenuhi ambisinya. Klub Prancis itu sedang habis-habisan membangun skuad yang bisa memenangkan Liga Champions musim ini.

Mereka sudah mendatangkan Sergio Ramos, Achraf Hakimi, Giorginio Wijnaldum dan kiper Gianluigi Donarumma. Messi juga bisa bermain dengan teman senegaranya yaitu Angel di Maria dan Leandro Paredes. Ia bisa membuat trisula mematikan baru dengan Kylian Mbappe dan mantan rekan setimnya, Neymar.

Tapi, PSG juga memiliki masalah finansialnya sendiri usai melaporkan defisit lebih dari 120 juta euro (sekitar Rp2,03 triliun) musim lalu. Mereka terpaksa harus menjual pemain guna bermanuver lebih lanjut di bursa transfer musim panas ini.

Kendala lain di PSG ialah pajak. Bila Messi menerima gaji 30 juta euro (sekitar Rp509 miliar), itu berarti klub harus mengeluarkan 70 juta euro (sekitar Rp1,18 triliun) per tahun untuknya.

Lionel Messi bergabung ke Barcelona sejak belia. Usai masuk tim utama, Messi sudah memainkan 778 laga, mencetak 672 gol, 305 assists dan mempersembahkan 35 trofi. (*)

Pos terkait