Daerah Dengan Capaian Vaksinasi Rendah Bakal Disanksi Mendagri

Daerah Dengan Capaian Vaksinasi Rendah
Mendagri, Tito Karnavian. (Ist)

Jambiseru.com – Dalam waktu dekat, Kementrian Dalam Negeri akan melakukan evaluasi capaian vaksinasi. Nantinya, daerah dengan capaian vaksinasi rendah bakal disanksi Mendagri Tito Karnavian.

Hal itu ditegaskan Tito Karnavian dalam rapat koordinasi percepatan vaksinasi di Padang, Sumatera Barat (Sumbar), Jumat (17/12/2021).

Baca juga di Jambiseru.com – di Jambi Seru :
Tim Gubernur Cup Kabupaten Muaro Jambi Buka Seleksi Terbuka

Bacaan Lainnya

Tito mengatakan, di akhir 2021, pihaknya akan melakukan evaluasi bagi daerah yang tidak mencapai target 70 persen angka vaksin dosis pertamanya.

“Bagi daerah yang tidak mencapai target 70 persen, akan kami evaluasi berupa teguran dan akan diberikan sanksi berupa disinsentif atau tidak akan diberikan tambahan dana insentif daerah,” kata dia.

Sebaliknya, bagi daerah yang telah memenuhi target, Kemendagri akan mengusulkan kepada Kementerian Keuangan untuk diberikan tambahan dana insentif daerah dan dana alokasi umum.

Selain itu, Mendagri menekankan jika suatu daerah angka capaian vaksinasi Covid-19 jomplang, maka akan mempengaruhi jumlah rata-rata nasional.

“Karena itu, melihat Sumatera Barat (Sumbar) angka capaian vaksinnya masih di bawah 70 persen, maka saya inisiatif untuk ke sini. Saya sudah melapor ke Presiden, dan beliau minta untuk ditingkatkan,” kata dia.

Pos terkait