Pilpres 2024: PPP Belum Nyatakan Sikap

PPP Belum Nyatakan Sikap
Foto Istimewa. (Ist)

Jambiseru.com – Jelang Pilpres 2024, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ternyata belum menyatakan sikap mendukung kader atau kader partai lain.

Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Suharso Monoarfa, menyatakan, hingga kini belum ada keputusan mengenai pencalonan dirinya maupun kader lain maju sebagai calon presiden (capres) maupun calon wakil presiden (cawapres) di Pilpres 2024.

Baca Juga : Muktamar NU Lampung 2021: Dukungan Menguat ke Gus Yahya

Bacaan Lainnya

“Wah belum, belum sampai sana,” tutur Suharso ditanya wacana pencalonan dirinya sebagai cawapres pada Pilpres 2024, seusai membuka Muktamar II Gerakan Pemuda Ka’bah (GPK) di Yogyakarta seperti dikutip dari Antara, Minggu (12/12/2021) sore.

Dilansir laman Suara.com (media partner Jambiseru.com), Suharso menegaskan bahwa saat ini partai berlambang Ka’bah itu masih berfokus mendongkrak tingkat elektoral partai menyongsong Pemilu 2024.

“Kami menyiapkan elektoral saja. Menyiapkan kenaikan elektoral partai,” ujar dia.

Ia berharap besar GPK sebagai organisasi sayap pemuda PPP yang tersebar di berbagai daerah mampu membantu mendulang suara lebih besar pada kontestasi pemilu mendatang.

Suharso meminta GPK tidak sekadar gegap gempita kala berkampanye, namun lebih berfokus merebut kembali kantong-kantong suara PPP di berbagai wilayah.

“GPK Yogyakarta itu ikonik buat GPK seluruh Indonesia, jadi termasuk kader-kader militan bagi partai,” kata dia.

Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PPP Achmad Baidowi menuturkan bahwa pencalonan kader untuk maju sebagai capres maupun cawapres bakal diputuskan melalui Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) maupun Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) yang paling cepat digelar pada 2023.

Mengenai munculnya wacana Suharso dicalonkan PPP maju sebagai cawapres, Baidowi menanggapi hal itu sebagai dinamika aspirasi yang muncul dari bawah.

“Yang namanya partai politik, sebagai partai politik kalau kadernya ada yang ‘dielus-elus’ maju ya kami sih menanggapinya sebagai dinamika aspirasi dari bawah. Soal keputusannya nanti ketika mukernas atau pun rapimnas,” kata dia.

Namun demikian, ia tidak menampik bahwa di internal PPP memang bakal memprioritaskan nama Suharso Monoarfa jika ditanya soal sosok kader yang siap diusung maju pada Pilpres 2024.

Pencalonan kader PPP maju sebagai capres maupun cawapres, menurut dia, juga harus selaras dengan strategi atau dinamika yang berkembang di partai koalisi.

Pos terkait