Elon Musk Tagihan Pajaknya Rp158,24 Triliun Tahun Ini

Elon Musk
CEO SpaceX, Elon Musk. [Patrick Pleul/POOL/AFP]

Jambiseru.com – Jadi salah satu orang terkaya di dunia, Elon Musk tagihan pajaknya mencapai Rp158,24 triliun tahun ini atau USD 11 miliar. Pengusaha mobil listrik ini mengaku jika tagihan pajak itu merupakan yang terbesar dalam sejarah hidupnya.

Nilai pajak yang harus dibayarnya itu, diungkapka ln Elon Musk dalam akun twitter pribadinya. Ia menuliskan besar pajak yang harus ia bayar tahun pada minggu lalu di akunnya.

Baca Juga :
Metaverse Jadi Bahan Garapan Ikatan Alumni ITB

Bacaan Lainnya

Angka tagihan pajak ini tidak jauh berbeda dari apa yang Elon Musk tweet minggu lalu ketika, di tengah perang Twitter dengan Senator Elizabeth Warren, yang mana dia mengatakan akan membayar tagihan pajak individu terbesar dalam sejarah tahun ini.

IInvestigasi oleh ProPublica menemukan bahwa Elon Musk, dan sesama miliarder seperti Jeff Bezos dan Michael Bloomberg, secara legal tidak membayar pajak penghasilan pada tahun 2018.

Di sisi lain Elon Musk tidak mendapatkan gaji tunai atau bonus. Ia dibayar melalui opsi saham, sehingga memberinya hak untuk membeli saham Tesla dengan harga yang sama dengan harga pasar pada saat opsi diterbitkan.

Elon Musk menerima 25,5 juta opsi split-adjusted pada tahun 2012, dan memiliki 22,9 juta opsi tersebut selama tahun-tahun berikutnya ketika Tesla mencapai target operasional dan keuangan tertentu. Akan tetapi, dia tidak perlu membayar pajak atas opsi itu sampai dia menggunakannya untuk membeli saham.

Karena blok opsi itu akan berakhir pada Agustus 2022, Elon Musk akhirnya memulai proses mengubahnya menjadi saham pada awal November. Dan dia mendokumentasikan perdagangan itu dalam pengajuan SEC.

Baca Juga :
Masa Depan Metaverse Menurut Ramalan Bill Gates

Ketika dia menggunakan opsinya, nilai saham yang baru dibeli dikenai pajak sebagai pendapatan  dengan tarif 40,8 persen. Dari situlah datangnya tagihan pajak yang besar.

Dalam hal ini, Elon Musk juga telah menjual sahamnya untuk membayar tagihan pajak. Penjualan tersebut sejauh ini mencapai 7,5 juta saham, menghasilkan USD 7,8 miliar sejauh ini.

Pos terkait