Pemda Diminta Habiskan Anggaran Rp 400 Triliun di Akhir Tahun

habiskan anggaran rp 400
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. (Ist)

Jambiseru.com – Minimnya serapan anggaran yang dilakukan pemerintah daerah (Pemda), membuat Menteri Keuangan Sri Mulyani meminta pemda habiskan anggaran Rp 400 triliun. Ini dilakukan untuk mempercepat belanja di daerahnya. Karena dari pengamatannya, pelaksanaan program di daerah belum terlaksana seperti yang diharapkan.

Dijelaskan Sri Mulyani, hingga akhir Oktober 2020, realisasi belanja Pemda baru Rp 678,41 triliun atau 62,77 persen dari pagu APBD sebesar Rp 1.080,71 triliun. Dengan minimnya serapan tersebut, masih ada selisih sekitar Rp 400 triliun pada belanja daerah di APBD.

Berita Jambiseru[dot]com Lainnya : Tolak Penangguhan, Polisi Tetap Tahan Kades Pemerkosa Anak Mantan Timsesnya

Bacaan Lainnya

“Program-program mereka sendiri eksekusinya, tapi masih terlihat banyak yang belum secepat dan se-urgent seperti yang dilakukan pemerintah pusat,” kata Sri Mulyani dalam konferensi pers virtual, Senin (1/12/2020).

Berita Jambiseru[dot]com Lainnya : Ribuan Rumah Warga di 7 Kecamatan di Batanghari Terendam Banjir

Dikatakan Sri Mulyani, dukungan belanja daerah untuk program penanganan COVID-19 dan pemulihan ekonomi nasional masih perlu diakselerasikan lagi. Untuk bidang kesehatan, realisasi belanja daerah baru Rp 14,9 triliun atau 49,12 persen dari alokasi Rp 30,4 triliun.

Berita Jambiseru[dot]com Lainnya : Mantan Juara Tinju Dunia Sekarang Jadi Sopir Truk

Sementara untuk jaring pengaman sosial, realisasinya baru Rp 12,9 triliun atau 56,6 persen dari alokasi Rp 22,8 triliun, serta dukungan pemulihan ekonomi baru terealisasi sebesar Rp 2,7 triliun atau hanya 14,3 persen dari alokasi Rp 19,2 triliun.

Berita Jambiseru[dot]com Lainnya : Opini Musri Nauli : Perjalanan Betuah (46)

“Ini menjadi suatu pembelajaran karena kita berharap tentu APBD melakukan seluruh program, sehingga bisa membantu countercyclical-nya,” tambahnya. (tra)

Sumber : Kumparan.com

Pos terkait