Lebih Dekat dengan Bupati Merangin Al Haris (3): Rumah Dinas, Rumah Rakyat

0
Haris
Bupati Merangin, Al Haris. Foto: Istimewa

JAMBISERU.COM – Rumah dinas Bupati Merangin adalah rumah bagi rakyat Merangin. Siapapun yang berkunjung dan punya keperluan, dibebaskan memasuki rumah ini. Pintu terbuka 24 jam.

Karena itu, wajar jika rumah dinas ini selalu penuh dikunjungi masyarakat. Baik dari warga Merangin sendiri maupun dari luar daerah Kabupaten Merangin.

BACA JUGA: Lebih Dekat dengan Bupati Merangin Al Haris (2): Pelopor Olahraga

Pantauan penulis, sedari pagi hingga dini hari, rumah dinas ini tak pernah sepi dari tamu. Kecuali jika bupati sedang berada di luar daerah atau hari-hari libur.

Menariknya lagi, setiap tamu yang datang, siapapun itu, akan segera dilayani oleh kru-kru di rumah dinas. Para tamu dipersilakan duduk di kursi lobi, ditawari minum kopi atau teh kadang-kadang makanan ringan, lalu dengan cekatan kru-kru melayani para tamu yang datang itu.

Seperti sudah menjadi kebiasaan bagi para kru untuk beramah tamah dengan tetamu. Malah, beberapa penghuni rumah dinas, ada yang siap menemani tamu bicara panjang lebar sebelum bertemu dengan Bupati Merangin Al Haris.

Haris Merangin
Rumah Dinas Bupati Merangin. Foto: Istimewa

Saking ramainya, dalam sehari, kopi, teh, gula dan air mineral, wajib selalu ada di dalam rumah itu. “Sehari biasanya disiapkan sekilo kopi, beberapa kilo gula dan air mineral yang banyak,” ungkap seorang kru.

Keterbukaan dan keramahtamahan inilah yang menjadi magnet bagi para tamu untuk sering berkunjung ke rumah dinas.

Saking terbukanya, bagi tamu yang ingin berlama-lama bahkan sampai dini hari, tetap diperbolehkan menunggu tanpa ada pengusiran sedikitpun dari anggota Pol PP yang bertugas jaga. Malahan, kalau butuh kopi atau teh, tinggal bilang dengan kru yang dinas malam, mereka akan segera membuatkannya.

Makanya, ada juga beberapa tamu yang sengaja datang ke rumah dinas itu sekedar ingin berkunjung; ngopi, ngeteh atau bertukar cerita dengan tamu-tamu yang ada di sana.

“Dak ado keperluan dengan bupati, cuma main be ke sini,” ungkap seorang tamu.

Untuk diketahui, semua kru yang berada di dalam rumah dinas sudah sangat paham tugas mereka. Apalagi, tugas melayani para tamu dengan ramah dan memuaskan, merupakan instruksi langsung yang dikeluarkan Al Haris selaku Bupati Merangin.

“Rumah dinas itu rumah rakyat. Dan saya bukan penguasa, tapi pelayan rakyat,” ungkap Al Haris berkali-kali di banyak acara.

BACA JUGA: Lebih Dekat dengan Bupati Merangin Al Haris (1): Maraton dan Sarapan dengan Rakyat

Jadi, sudahkah Anda berkunjung ke rumah dinas kepala daerah Anda atau ke rumah dinas Bupati Merangin? Ya… sekedar ngopi, ngeteh atau bertukar cerita. Yuk, berkunjung. (*)

————–
Disarikan dari orang-orang dekat dan sumber-sumber yang sering ikut kegiatan Bupati Merangin Al Haris. Tulisan ini ringkasan dari pantauan langsung penulis selama setahun.
————–

Loading Facebook Comments ...