DPRD Tandatangani KUA PPAS 2020

0
syahirsah
Penandatanganan KUA PPAS 2020. Foto: Rizki/Jambiseru.com

JAMBISERU.COM, Muarabulian – DPRD Kabupaten Batanghari gelar sidang paripurna dalam rangka Penandatangan Kesepakatan KUA PPAS APBD Tahun Anggaran 2020 dan Penyampaian Nota Pengantar KUPA PPAS-P APBD Tahun Anggaran 2019 Senin (29/7).

BACA JUGA: Lahan PT Kharisma Kemingking Terbakar

Paripurna dipimpin langsung Ketua DPRD Kabupaten Batanghari, Mahdan S Kom, yang didampingi Bupati Batanghari, Ir Syahirsah Sy dan Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Batanghari, Yuninnta Asmara dan Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Batanghari, Elfisina.

Sidang diawali dengan laporan hasil kerja Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kabupaten Batanghari terhadap pembahasan KUA PPAS Tahun Anggaran 2020. Laporan hasil kerja Banggar DPRD Kabupaten Batanghari dibacakan juru bicara Banggar, Edison.

Edison sendiri mengawali laporannya, mengucapkan terima kasih segenap pimpinan dan anggota Banggar DPRD dengan Tim Anggaran Pemda Batanghari yang telah bekerja keras serta mengedepan asas efesiensi dan efektifitas, sehingga dapat dicapai kesamaan pandang.

“Terima kasih telah mencermati dan memberikan solusi terhadap persolan yang dihadapi dalam pembahasan rancangan kebijakan umum KUA PPAS Tahun 2020 sampai dengan disetujui dan ditandatangani nota esepakata bersama,” ungkapnya.

Menurut dia, ada dua hal yang harus diperhatikan dalam penyusunan APBD Tahun 2020. Dua hal diantaranya, mensingkonkan kegiatan yang ditetapkan dalam APBD sesuai dengan program nasional dan mensingkonkan dengan peraturan pemerintah nomor 12 Tahun 2019 tentang keuangan daerah.

Edison turut mengungkapan secara garis besar KUA PPAS APBD Tahun Anggaran 2020 dan kondisi RAPBD Tahun Anggaran 2020. Adapun pendapatan daerah direncanakan Rp 1.4 Triliun, yang diperoleh dari PAD dan Dana Perimbangan.

Prosesi selanjutanya Penandatangan Kesepakatan KUA PPAS APBD Tahun Anggaran 2020, antara pemerintah daerah yang diwakili Bupati Batanghari, Syahirsah Sy, dengan DPRD Kabupaten Batanghari yang diwakili Ketua DPRD Batanghari, Mahdan S Kom.

Kemudian sidang pun kembali dilanjutkan Penyampaian Nota Pengantar KUPA PPAS-P APBD Kabupaten Batanghari Tahun Anggaran 2019. Bupati Syahirsah menyebutkan, target pendapatan daerah mengalami peningkatan dari Rp 1.386 Triliun menjadi Rp 1.394 Triliun atau meningkat 0.60 persen.

Dengan rincian, PAD sedikit mengalami penurunan dari Rp 141 juta menjadi Rp 134 Juta, Dana Perimbangan meningkat dari target sebesar Rp 1.007 Triliun menjadi Rp 1.018 Triliun dan lain lain pendapatan yang sah meningkat dari Rp 237 Juta menjadi Rp 242 Juta.

“Belanja daerah pada KUPA PPAS-P tahun 2019, merupakan penyesuaian terhadap hasil evaluasi dan pencapaian target kinerja program dan kegiatan yang akan Kita alokasikan untuk mendanai beberapa kebijakan pemerintah daerah,”ujarnya.

Pada kesempatan itu, Bupati Syahirsah juga turut mengucapkan terima kasih kepada pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Batanghari, yang mana telah menyepakati KUA PPAS APBD Tahun Anggaran 2020.

BACA JUGA: Jika Didukung Partai, Mahdan Nyatakan Siap Maju Pilkada

“Semua yang telah kita sepakati akan diterjemahkan semua OPD ke dalam Rencana Kerja Anggaran (RKA), yang nantinya akan disampaikan dan dibahas secara bersama dengan DPRD dalam bentuk RAPBD Kabupaten batanghari 2020,” kata Bupati Batanghari, Ir. Syahirsah Sy. (riz)

Loading Facebook Comments ...