25 Hektar Lahan di Kumpeh Ulu Terbakar

lahan di kumpe ulu
Petugas sedang memadamkan api. Foto: Uda/Jambiseru.com

JAMBISERU.COM, Sengeti – Seluas 25 hektar lahan masyarakat di dua desa, Kecamatan Kumpeh Ulu, Kabupaten Muaro Jambi terbakar. Dua desa tersebut adalah, Desa Sungai Terap dan Desa Sipin Teluk Duren.

BACA JUGA: Tega! ABG 18 Tahun Perkosa Nenek-nenek Sampai Pendarahan

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Muaro Jambi, M Zakir membenarkan. Kata dia, kebakaran lahan itu terjadi pada Minggu (28/7/2019) siang. Adapun lahan yang terbakar itu merupakan lahan masyarakat.

Bacaan Lainnya

“Di Desa Sungai Terap lahan yang terbakar seluas 20 hektar. Sedangkan di Desa Sipin Teluk Duren sekitar 5 hektar,” kata M Zakir, Senin (29/7/2019).

Dikatakan Zakir, untuk lahan yang terbakar di Desa Sungai Terap seluas 20 hektar tersebut berhasil dipadamkan di hari itu juga. Sambung Zakir, sedangkan lahan yang berada di Desa Sipin Teluk Duren, sampai hari ini, Senin (29/7/2019) pihaknya masih melakukan pemadaman.

“Lahan yang di Desa Sungai Terap itu sorenya sudah padamlah. Yang Sipin Teluk Duren sampai hari ini masih melakukan pemadaman,” ujarnya.

Dijelaskan Zakir, lambatnya api dipadamkan di lahan yang ada di Desa Sipin Teluk Duren itu, dikarenakan lahan gambut. Adapun, ketebalan gambut itu sepanjang 4 sampai 7 meter.

“Yang di Desa Sungai Terap itu tanahnya mineral, mangkanya cepat dipadamkan,” jelasnya.

Selain itu, Zakir menyebutkan, dalam pemadam api tersebut bekerja sama dengan pihak perusahaan terdekat, Manggala Agni, MPA, TNI, Polri, Polhut dan masyarakat.

BACA JUGA: 90 Titik Pemantauan Hilal Idul Adha 1440 Zulhijjah se-Indonesia

“Kalau dari BPBD Muaro Jambi, kita turunkan 15 personil. Dan 3 mesin kita bawa untuk memadamkan api itu,” tandasnya.(uda)

Pos terkait