Penerangan Jalan Umum Bertenaga Surya Hadir di Empat Kecamatan Kabupaten Muaro Jambi

riduwan
Riduwan, Kadis Perkim Muaro Jambi. Foto: Uda/Jambiseru.com

Jambi Seru, Sengeti –  Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi dapat bantuan berupa 200 unit Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU)  tenaga surya. Lampu jalan jenis solar cell itu merupakan bantuan Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM)

BACA JUGA: Ketua DPRD Batanghari Terima Penghargaan Dari Kapolda Jambi

“Tahun ini kita dapat bantuan LPJU tenaga surya dari Kementrian ESDM. Jumlahnya 200 unit, ” kata Riduwan, Kadis Perkim Muaro Jambi.

Bacaan Lainnya

Riduwan menyampaikan bahwa, pihaknya telah melakukan tahapan penentuan titik pembangunan LPJU. Lokasinya tersebar di Empat kecamatan. Masing-masing Kecamatan Jambi Luar Kota, Sekernan, Kumpeh Ulu, dan Taman Rajo.

“Kita sudah melakukan tahapan penentuan titik, LPJU itu diprioritaskan untuk dipasang sarana rumah ibadah dan fasilitas umum,” beber Riduwan.

Selain itu, Riduwan menuturkan bahwa, pihaknya telah berkoordinasi dengan masing-masing pemerintah desa agar nantinya ikut menjaga dan merawat LPJU. Koordinasi ini dilakukan agar LPJU itu berusia panjang dan terhindar dari pencurian.

“LPJU itu rawan dicuri, makanya kita langsung koordinasi dengan pemerintah desa agar diawasi. Termasuk meminta para pemuda setempat untuk ikut serta menjaga,” ujarnya.

Sementara, Riduwan juga meminta agar masyarakat turut dihimbau untuk nantinya aktif melaporkan kerusakanan LPJU ke Dinas Perkim. Sebab, setelah LPJU dipasang rekanan masih ada masa pemeliharaan yang menjadi tanggung jawab rekanan.

“Masa pemeliharaan enam bulan, kita minta betul masyarakat agar aktif mengawasi. Kalau ada kerusakan itu masih tanggung jawab rekanan,” tuturnya.

BACA JUGA: Tinggalkan Juventus, Allegri Santai Tunggu Pekerjaan Baru

Lebih lanjut, bantuan LPJU tenaga surya merupakan yang kali pertama diterima Pemkab Muaro Jambi. Program ini sebelumnya sudah dijanjikan Mentri ESDM saat berkunjung ke Muaro Jambi pada awal 2019 lalu.(uda)

Pos terkait