Napi Perempuan Menari di Festival Candi Muaro Jambi

  • Whatsapp
Napi Perempuan Menari di Festival Candi Muaro Jambi. Foto: Uda/Jambiseru.com
Napi Perempuan Menari di Festival Candi Muaro Jambi. Foto: Uda/Jambiseru.com

JAMBISERU.COM, Sengeti – Festival Candi Muaro Jambi ke-15 tahun 2019 kali ini tampak unik. Pasalnya, enam narapidana perempuan turut serta menari di acara pembukaan Festival Candi Muaro Jambi.

BACA JUGAPemkab Tebo Ajukan RAPBD TA 2020 Rp 1,178 T

Pantauan Jambiseru.com, enam warga binaan ini tampak menari dengan sangat gemulai dan serasi dengan hentakan lagu pengiring. Bahkan, meski mereka menyandang status sebagai warga binaan, mereka pun menari tidak terlihat beban.

Polisi Khusus Lapas (Polsuspas) Perempuan Kemenkumham Jambi, Yuli mengatakan, enam warga binaan yang menari itu rata-rata sudah menjalani dua pertiga masa hukuman.

Baca Juga : LIPSUS: Candi Muaro Jambi, Dulu Angker Kini Jadi Idola

“Enam orang itu membawakan tarian tradisional Tari Ambung. Mereka ini warga binaan yang ada di lapas perempuan Desa Bukit Baling, Kecamatan Sekernan, Muaro Jambi,” kata Yuli, Kamis (25/7/2019).

Foto: Uda/Jambiseru.com
Foto: Uda/Jambiseru.com

Dikatakan Yuli, setiap warga binaan di Lapas, mereka mendapatkan fasilitas untuk menyalurkan hobi serta bakatnya.

“Di sana ada yang menjahit, menari, bercocok tanam dan berbagai keahlian lainnya,” ujar Yuli.

Dijelaskan Yuli, dalam melatih serta belajar menari untuk para warga binaan ini, pihaknya bekerja sama dengan Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar).

“Kita minta bantuan pelatih dengan Disporapar. Alhamdulillah mereka belajar membawakan Tari Ambung ini hanya butuh waktu sekitar tiga hari,” tandasnya.

Diketahui, Festival Candi Muaro Jambi ke-15 ini berlangsung selama empat hari, terhitung dari tanggal 25 Juli sampai 28 Juli 2019. Festival Candi Muaro Jambi, ajang tahunan sebagai promosi kebudayaan Muaro Jambi. Acara diadakan di komplek Percandian Muaro Jambi.

BACA JUGA : Terlalu Seksi, Penumpang Wanita Diusir dari Pesawat

Selain itu, Festival Candi Muaro Jambi ini juga mengadakan berbagai perlombaan, seperti kreasi tari, lagu daerah, mewarnai, kompangan, permainan tradisional, fotografi hingga kegiatan pendamping seperti, jalan sehat dan funbike. (uda)

Pos terkait