Kapolres Muaro Jambi Terus Padamkan Api di Lokasi Karhutla

kapolres mj
Kapolres Muaro Jambi, AKBP Mardiono. Foto: Uda/Jambiseru.com

JAMBISERU.COM, Sengeti – Tim Satgas Karhutla intens melakukan upaya pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang terjadi di wilayah Kabupaten Muaro Jambi. Kebakaran yang masih terjadi di kabupaten berjuluk Bumi Sailun Salimbai, terus dilakukan pemadaman oleh tim gabungan TNI/Polri, BPBD, Manggala Agni dan masyarakat peduli api.

BACA JUGA: Langit Merah Kekuning-kuningan Selimuti Desa Pulau Mentaro Siang Hari

Kapolres Muaro Jambi, AKBP Mardiono, SH, Sik, mengatakan, seluruh tim telah bekerja secara maksimal melakukan pengendalian dan pemadaman kebakaran hutan dan lahan di wilayah Muaro Jambi. Tim Satgas Karhutla tidak henti-hentinya melakukan pemantauan titik api serta berjibaku memadamkan setiap titik api yang muncul di wilayah Muaro Jambi.

Bacaan Lainnya

“Kita dari Polres Muaro Jambi selalu bekerja maksimal, baik itu dalam bentuk sosialisasi, pemantauan, pemadaman hingga proses pendinginan. Penyelidikan dan penegakan hukum terhadap setiap kasus karhutla turut kita laksanakan,” kata Mardiono, Sabtu (21/9/2019).

Mardiono turut mengapresiasi perhatian Pemkab Muaro Jambi terhadap penanganan karhutla di Muaro Jambi. Bupati Muaro Jambi, Masnah Busro, telah beberapa kali turun ke lokasi karhutla dan ikut serta membantu memadamkan api. Bahkan, baru-baru ini Masnah turun menyalurkan bantuan sembako kepada TNI dan Polres Muaro Jambi. Bantuan itu diterima secara langsung oleh Mardiono di posko lokasi karhutla di Kecamatan Kumpeh Ulu.

“Bantuan itu merupakan suport kepada personel yang bertugas memadamkan kebakaran lahan di wilayah Kumpeh Ulu,” ujar Mardiono.

Mardiono juga menyampaikan bahwa, Tim Satgas Karhutla telah melaksankan tugas dengan baik. Namun, di lapangan tentu ada kendala yang dihadapi. Baik itu dari segi peralatan, sumber air, kondisi lahan dan persoalan lainnya.

“Lahan yang terbakar di Kumpeh Ulu itu lahan gambut. Sangat sulit diatasi karena api berada di dalam. Belum lagi angin yang bertiup kencang sehingga api cepat menjalar. Jadi sulit dipadamkan walaupun sudah rutin disiram,” imbuhnya.

Terpisah, Kasat Intelkam Polres Muaro Jambi AKP Army Sevtiansyah, S.Kom, M.H, mengatakan, kalau pimpinannya Kapolres Muaro Jambi, AKBP Mardiono, rutin turun ke lokasi karhutla. Bahkan, hampir setiap hari Mardiono menyempatkan waktunya untuk melakukan pemadaman di lokasi karhutla, serta memberikan suport kepada personel dan tim Satgas Karhutla.

“Bapak Kapolres Muaro Jambi setiap hari turun ke lokasi karhutla, beliau itu langsung membaur dengan tim gabungan untuk melakukan pemadaman serta melakukan peninjauan titik api,” sebut Army.

Army menuturkan bahwa, dua hari yang lalu, Kapolres Muaro Jambi, Mardiono bersama Kabag Ops dan jajarannya turun langsung ke Kecamatan Kumpeh Ilir. Mardiono dan tim melakukan pemadaman kebakaran yang terjadi di lahan perkebunan PT Pesona, Kumpeh Ilir.

BACA JUGA: Jangan Mengonsumsi Makanan yang Sama Tiap Hari, Ini 5 Alasannya!

“Beliau turun langsung melakukan pemadaman di sana, beliau juga berkeliling meninjau dan memantau titik api. Pemantauan dilakukan, agar ketika karhutla ditemukan, bisa dilakukan pemadaman dini,” pungkasnya.(uda)

Pos terkait