Petani Muaro Jambi dapat Bantuan Alsintan Sebanyak 20 Unit

sawah
Ilustrasi petani menanam padi. (ist)

JAMBISERU.COM, Sengeti – Bantuan mesin alat pertanian (alsintan) rutin digelontorkan pemerintah pusat melalui Kementrian Pertanian ke Kabupaten Muaro Jambi. Seperti bulan ini, Dinas Pertanian dan Holtikultura Muaro Jambi kembali menerima bantuan sebanyak 20 unit mesin alsintan jenis rotari.

BACA JUGA: Jessica Iskandar Tak Akan Hapus Foto Ciumannya di Instagram

“Untuk tahun ini, kita baru menerima 20 unit. Biasanya akan ada tambahan. Kita tunggu saja,” kata Sekretaris Dinas Pertanian dan Holtikultura Muaro Jambi, Madong Butar-Butar, Selasa (18/6/2019).

Bacaan Lainnya

Ditambahkan Madong, sebagian alat mesin pertanian itu telah dibagikan kepada kelompok tani. Mesin itu diserahkan kepada kelompok tani secara langsung oleh Dinas Pertanian dan Holtikultura Muaro Jambi.

“Penyaluran aslintan sekarang ini berbeda dengan sebelumnya. Kalau dulu langsung diserahkan kementrian. Sekarang penyerahannya melalui provinsi dulu baru turun ke kita,” ucapnya.

Lebih lanjut, Madong menyebutkan bahwa, baru baru ini Dirjen Pemasaran Hasil Pertanian (PHP) Kementrian Pertanian berkunjung ke Muaro Jambi. Mereka menjanjikan akan memberikan bantuan mesin power thresher.

“Petani kita memang sangat membutuhkan alat itu. Pak direktur menjanjikan akan memberikan bantuan 20 unit,” tuturnya.

Kedatangan Dirjen PHP ke Muaro Jambi bertujuan untuk membahas luas tambah tanam. Dinas Pertanian dan Holtikultura Muaro diminta agar setiap bulan menambah luas tanam.

Dirjen memasang target luas tanam tanaman padi sebanyak 2005 hektar per bulan. Sementara luas tanam tanaman padi di Muaro Jambi dari awal tahun hingga saat ini hanya 5000 hektar.

BACA JUGA: Yusril Pantau Saksi Prabowo Besok buat Siapkan Saksi Tandingan

“Kemampuan luas tanam kita hanya 800 hektar perbulan, itu sudah termasuk padi gogo. Jadi sangat sulit untuk memenuhi target itu, terutama dengan kondisi lahan pertanian kita yang bersifat tadah hujan,” pungkasnya.(uda)

Pos terkait