Di Hari Jadi Muaro Jambi, Pemenang Lomba Taman Diumumkan

JAMBISERU.COM, Sengeti – Pemenang lomba taman tingkat Kabupaten diumumkan secara resmi oleh Bupati Muaro Jambi, Masnah Busro, saat rapat paripurna HUT Muaro Jambi ke-20 di Gedung DPRD Muaro Jambi, Rabu (16/10/2019) pagi.

“Kategori OPD dimenangkan Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Muaro Jambi, Juara II Kantor Camat Sungai Bahar dan Juara III Kantor Camat Bahar Utara,” kata Masnah.

Dilanjutkan Masnah, untuk kategori instansi vertikal  didapat oleh Polres Muaro Jambi. Dan untuk juara II dimenangkan Kantor Kementrian Agama Muaro Jambi. Sedangkan juara III disabet PT Pelindo.

“Sementara, kategori tingkat desa, juara I Desa Bukit Makmur, Kecamatan Sungai Bahar. Juara II Desa Tangjung Lanjut, Kecamatan Sekernan. Dan juara III Desa Pematang Jering, Kecamatan Jaluko,” ujar Masnah.

Masnah menyebutkan, para pemenang lomba taman ini mendapatkan hadiah sebesar Rp 60 juta rupiah. Adapun hadiah tersebut terbagi dari tiga kategori. Untuk kategori desa, juara I yaitu Rp 14 juta, juara II Rp 10 Juta dan juara III Rp 6 juta.

“Untuk kategori instansi vertikal dan OPD sama. Yaitu, juara I Rp 7,5 juta, juara II Rp 5 juta dan juara III Rp 2,5 juta,” sebutnya.

Sementara, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman, Riduwan mengatakan, dalam penilaian lomba ini ada beberapa aspek yang dilakukan, pertama keindahan dan keasrian serta keserasian taman. Kedua, pemeliharaan dan keberlanjutan taman, kebersihan dan kesehatan lingkungan serta inovasi.

Kemudian, untuk inovasi meliputi mulai dari desain, fungsi taman sebagai taman edukasi publik, kekususan atau tematik serta tata aturan lokal atau kearifan lokal yang diangkat.

“Jadi setiap aspek penilaian mempunyai poin-poin tersendiri,” kata Riduwan.

Riduwan menambahkan bahwa, untuk penyediaan anggaran penataan dan pemeliharaan serta keterlibatan masyarakat turut menjadi indikator penilaian. Kata Riduwan, melalui lomba taman ini banyak aspek positif yang bisa diambil.

“Tentunya dengan adanya taman lingkungan bisa menjadi indah dan sehat. Taman juga bisa menjadi tempat edukasi publik dan bila terus ditingkatkan bisa menjadi destinasi wisata unggulan ke depannya,” jelasnya.

“Lomba taman ini bertema Inovasi Smart Park #Dusunberhijab,” tandasnya. (uda)

Loading Facebook Comments ...