PJU Tenaga Surya di Muaro Jambi Diresmikan

PJU Tenaga Surya di Muaro Jambi Diresmikan
PJU Tenaga Surya di Muaro Jambi Diresmikan. Foto: Uda/Jambiseru.com

JAMBISERU.COM, Sengeti – Program bantuan Penerangan Jalan Umum (PJU) bertenaga surya yang digelontorkan Kementrian ESDM di tiga kabupaten/kota dalam Provinsi Jambi diresmikan, Kamis (10/10/2019) pagi.

BACA JUGA: Syahirsah Buka Kerjurprov dan Prakualifikasi Porprov Tarung Derajat

Peresmian dilakukan di pelantaran rumah adat perkantoran Bupati Muaro Jambi. Mentri ESDM yang diwakili Kepala Biro Fasilitas Penanggulangan Krisis dan Pengawasan Energi, Dr Ir Ediar Usman MT secara simbolis menyerahkan plakat berbentuk PJU bertenaga surya tersebut.

Bacaan Lainnya

Tak hanya itu, peresmian ini juga langsung dengan pemotongan pita yang dilakukan di PJU bertenaga surya yang telah terpasang di depan rumah adat perkantoran Bupati Muaro Jambi.

Kepala Biro Fasilitasi Penanggulangan Krisis dan Pengawasan Energi Kementrian ESDM Dr Ir Ediar Usman MT mengatakan, ada 600 unit bantuan PJU tenaga surya yang diberikan untuk Provinsi Jambi. Mulai dari Kabupaten Muaro Jamb, Sarolangun dan Sungai Penuh.

“Setiap daerah dapat 200 unit PJU tenaga surya. Pada prinsipnya bantuan itu untuk menjangkau daerah yang tidak teraliri listrik. Tentunya yang paling utama fungsinya untuk mengurangi penggunaan energi Fosil seperti minyak bumi dan gas,” katanya.

Ediar menambahkan, para penerima bantuan itu untuk tetap menjaga dan merawat bantuan PJU tenaga surya ini. Kemudian, untuk pemerintah daerah agar terus berupaya untuk menjemput bantuan-bantuan yang ada di Kementrian.

Sekretaris Daerah Muaro Jambi, M Fadhil Arief
Sekretaris Daerah Muaro Jambi, M Fadhil Arief. Foto: Uda/Jambiseru.com

“Kalau masih kurang minta bantu lagi. Pusat pasti akan bantu. Tapi harus ngotot. Yang jelas usulkan dan disertai dengan data. Nanti saya akan sampaikan ke Mentri kalau daerah meminta tambahan,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Muaro Jambi, M Fadhil Arief mengucapkan terimakasih kepada Kementrian ESDM atas bantuan PJU tenaga surya itu. Kata dia, bantuan ini sangat membantu untuk keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di Muaro Jambi.

“Terimakasih atas bantuan PJU tenaga surya ini. Ini sangat membantu dalam menjaga Kamtibmas di Muaro Jambi,” sebut Fadhil Arief.

Dikatakan Fadhil, dengan adanya bantuan PJU tenaga surya ini, daerah-daerah yang jauh dari jangkauan PLN bisa turut memiliki penerangan jalan. Bahkan, dengan kondisi jalan yang terang, tentu bisa mengurangi potensi terjadinya kriminalitas di jalanan.

“Ada spot-spot tertentu yang kosong jaringan PLN. Tentu PJU tenaga surya ini sangat membantu dan bisa masuk ke sana. Kita rawat bersama, anggarkan biayanya. Banyak keuntungannya PJU tenaga surya ini, salah satunya maintenance nya murah. Ke depan kita buat aplikasinya, apabila ada kendala, masyarakat bisa langsung mengadu,” tandasnya.

BACA JUGA: Curi Star, Yuninta Asmara Ambil Formulir Pertama Kali di PPP

Acara peresmian ini pun turut dihadiri Waka Polres Muaro Jambi, Kompol Yudha Lasmana, Sekdis ESDM Provinsi Jambi, Drs Mahruf, Ketua Pengadilan Agama, Abdan Hubban dan Kepala OPD di lingkupan Pemkab serta perwakilan penerima bantuan dari Kabupaten Sarolangun dan Kota Sungai Penuh.(uda)

Pos terkait