Antisipasi Karhutla, 1500 Personil Gabungan Dikirim ke 254 Desa

karhutla

Antisipasi Karhutla, 1500 Personil Gabungan Dikirim ke 254 Desa

JAMBISERU.COM – Untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Provinsi Jambi, Pemerintah Provinsi Jambi mengirimkan 1500 personil gabungan ke 254 desa yang rawan terjadi karhutla.

Baca JugaSitus Streaming Movie Iflix Dibeli Tencent

Bacaan Lainnya

Hal ini dikatakan langsung Gubernur Jambi, Fachrori Umar, saat ia melepas ratusan personel gabungan Satgas Karhutla dan pembalakan liar Provinsi Jambi tahun 2020, di halaman Makorem 042/Garuda Putih di kawasan Telanaipura, Kota Jambi. Minggu (2/8/2020).

Kata Fachrori, dia tidak menginginkan Provinsi Jambi terulang lagi terjadi karhutla seperti tahun 2015 silam.

“Saya tidak ingin kejadian serupa terulang lagi. Maka kita harus terus siaga dan waspada dalam mengantisipasi bencana karhutla. Atau setidaknya meminimalisir luasan dan dampaknya ke masyarakat,” ujarnya.

Fachrori menambahkan, Pemerintah Provinsi Jambi membentuk satgas gabungan yang melibatkan pemerintah Provinsi, Kabupaten-Kota, TNI-Polri, Manggala Agni, dunia usaha bidang kehutanan dan perkebunan serta masyarakat.

“Nantinya, satgas ini akan ditempatkan di 254 desa dan kelurahan yang lokasinya rawan terjadi karhutla,” tambahnya.

Sementara, Pelaksana Harian Dansatgas Pengendalian Karhutla Provinsi Jambi, Brigjen TNI M Zulkifli, mengatakan, sesuai prakiraan BMKG, diprediksi kemarau tahun ini pada bulan Agustus hingga September.

“Saat ini, kita siapkan 1500 pasukan gabungan. Kita lihat perkembangan selanjutnya bila nanti ada penambahan,” ujarnya.

Sedangkan Kapolda Jambi, Irjen Pol Firman Shantyabudi, mengakui, saat ini sejumlah pasukan sudah masuk ke desa-desa yang wilayahnya sering terdampak karhutla.

Baca JugaBersama Adirozal, Haris-Sani Hadiri Syukuran PKS Kerinci

“Selain memadamkan api dari darat, dari udara juga sudah kita siagakan. Saya mengimbau, masyarakat jangan membakar lahan sembarangan,” tandasnya. (yog)

Pos terkait