Lagi, 5 CCTV ‘Asap Digital’ Dipasang Antisipasi Karhutla di Jambi

cctv
Lagi, 5 CCTV 'Asap Digital' Dipasang Antisipasi Karhutla di Jambi. Foto : Yogi/Jambiseru.com

Lagi, 5 CCTV ‘Asap Digital’ Dipasang Antisipasi Karhutla di Jambi

JAMBISERU.COM – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jambi, Irjen Pol Firman Shatyabudi, mengatakan, saat ini pihaknya sedang melakukan penambahan baru lima lokasi pemasangan kamera CCCT Aplikasi Sistem Analisa Pengendalian Karhutla Digital atau (Asap Digital), yang dirancang untuk membantu mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Provinsi Jambi.

Baca JugaBawa Sabu 7 Kg, Pelaku Berusaha Tabrak Polisi Saat Akan Ditangkap

Bacaan Lainnya

“Saat ini Polda Jambi bersama PT Telkom sedang melakukan pemasangan di lima lokasi baru untuk kamera CCTV ‘Asap Digital’. Di mana sebelumnya sudah ada tujuh lokasi yang telah terpasang CCTV nya,” kata Firman Shtyabudi di Jambi, Rabu (19/8/2020).

Memasuki musim kemarau tahun ini, dibutuhkan monitoring Karhutla melalui aplikasi yang dinamakan Asap Digital merupakan aplikasi yang memuat berbagai macam informasi terkini (realtime), seperti cctv, kondisi udara, hotspot dan data prakiraan cuaca yang dapat dimanfaatkan untuk pencegahan karhutla.

Kata Firman, kelima lokasi pemasangan baru CCTV Asap Digital yang dalam tahap proses itu, ada di hutan lindung gambut Londerang, dua titik di Kabupaten Tanjab Timur dan Muarojambi.

“Sedangkan tujuh lokasi yang sudah terpasang CCTV nya ada di Betung Kumpeh, Suak Kandis, Sungai Aur ketiga di Kabupaten Muarojambi, kemudian di Sungai Jeruk, Rantau Indah keduanya di Tanjung jabung Timur dan di Taman Hutan Rakyat (Tahura) dan di Telkom Jambi,” tambahnya.

Sebelumnya, Kapolda Jambi Irjen Pol Firman Shantyabudi, melakukan pengecekan ‘hotspot’ melalui aplikasi asap digital di ruang command center di Gedung Utama Mapolda Jambi. Dengan didampingi oleh Pejabat Utama Polda Jambi, Kapolda Jambi mengecek titik hospot yang pada hari Minggu sore (16/8/2020) kemarin, terlihat membakar lahan di Sungai Aur Kabupaten Muarojambi dengan koordinat Lat -1.322599 Long 104.062978 sekitar pukul 18.00 WIB.

Kapolda melakukan pengecekan hostpot melalui aplikasi asap digital untuk memantau perkembangan titik hotspot di Sungai Aur Kabupaten Muarojambi tersebut.

Pada hari Minggu sore kemarin, telah terpantau melalui aplikasi asap digital adanya titik hotspot di Sungai Aur Kabupaten Muarojambi, namun dengan adanya Asap Digital petugas di Command Center dan satgas Karhutla yang terdekat monitor dan langsung melakukan pemadaman sebelum kebakaran itu meluas.

Operasi karhutla sudah dimulai sejak 1 Juli lalu dan akan berakhir hingga 26 September 2020 dan saat ini Jambi juga sedang siaga darurat karhutla.

Baca JugaModus ke Pesta Ulang Tahun, Gadis Belia Malah Digauli di Losmen

Keunggulan dari aplikasi Asap Digital ini bisa memantau adanya asap yang bersumber dari api, dan sebelum api tersebut membesar agar segera dipadamkan dengan mengerahkan personil satgas karhutla yang terdekat dengan lokasi serta dibantu oleh pihak perusahaan. (yog)

Pos terkait