Al Haris: Kopi Merangin Siap Go Internasional, dari Penyerahan Bantuan CSR BI

Bupati Merangin Al Haris (kanan), saat menerima bantuan dari BI untuk pengembangan kopi Merangin. (Ist)
Bupati Merangin Al Haris (kanan), saat menerima bantuan dari BI untuk pengembangan kopi Merangin. (Ist)

Al Haris: Kopi Merangin Siap Go Internasional, dari Penyerahan Bantuan CSR BI

JAMBISERU.COM – Penyerahan bantuan program sosial Bank Indonesia (BI) sarana dan prasarana pengembangan klaster kopi kepada Koperasi Cahaya Puncak Merangin di Desa Talang Tembago, dilakukan hari ini, Rabu (5/8/2020).

Baca Juga : Wanita yang Bakar Diri Diduga Gangguan Jiwa

Bacaan Lainnya

Bantuan yang diserahkan ini, berupa rumah jemur kopi (dome), mesin pengupas kopi (pulper), mesin penepung kopi (grinder) dan mesin generator (genset).

Gusdi Warman, selaku Ketua Koperasi Cahaya Puncak Merangin mengatakan jika kopi kita selalu menjadi juara nomor satu di lomba kopi tingkat nasional.

“Tahun 2018 yang lalu nilai tertinggi menjadi juara satu di SCAI di Bali, tahun 2019 di Bandung Kopi Robusta juga mendapatkan juara satu lagi pada lomba Microlot SCAI. Lomba tahun 2018 kita melombakan fine robusta pengolahan full wash, pada tahun 2019 kita melombakan fine robusta pengolahan honey dan alhamdulillah kedua-duannya mendapat juara satu,” kata Gusdi.

Dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati Merangin Al Haris, yang telah memberikan reward yang tak kami sangka-sangka, yakni pembangunan gudang kopi.

“Potensi pasar kopi robusta lumayan sangat besar, pada 2020 ada dua pembeli tujuan ekspor datang dari PT Nabu yang memenuhi kebutuhan pasar Jerman minta 18,5 ton dalam sebulan satu kali pengiriman dan eksportir dari Inggris. Namun kita belum bisa memenuhi karena kita belum sanggup untuk memenuhi permintaan yang sebanyak ini,” bebernya.

“Sebenarnya Bumdes kita bisa mendistribusi fine robusta ini, dan kita butuh alat-alat penjemuran dan tempat stock kopi atau gudang kopi demi memenuhi kebutuhan kopi,” tambahnya.

Pihak Bank Indonesia pada kesempatan ini mengapresiasi kopi robusta Merangin yang bisa menjadi juara satu, pada dua kali berturut-turut dalam lomba kopi tingkat nasional.

“Kami Bank BI di daerah diminta untuk pengembangan salah satu produk unggulan dan salah satunya kopi untuk meningkatkan perekonomian daerah,” kata pihak Bank BI yang hadir.

Sementara itu, Bupati Merangin, Al Haris mengatakan pada tahun 2015 yang lalu. Apkasi membuat acara di Senayan Festival Kampung Kopi dan ia menjadi panitianya. Saat acara itu, Al Haris bertemu dengan para duta besar luar negeri. Dan ternyata, penggemar kopi robusta banyak dari Timur Tengah.

Kata Al Haris, pada saat itu ada pengusaha dari Aljazair minta kontrak robusta Merangin, namun ia belum berani karena belum mempunyai sertifikat Indikasi Geografis (IG) kopi Merangin. Lalu, pada tahun 2017, baru diurus IG bekerjasama dengan para pecinta kopi dan LSM. Lalu di tahun 2018, baru bisa mendaftar ke Kemenkumham.

Sertifikat IG ini, hingga saat ini masih ditunggu karena belum keluar. Jika sudah keluar, maka produk Kopi Jangkat Merangin lebih terjamin dan memiliki khas tersendiri.

“Saya tertarik dengan permintaan koperasi agar kopi kita bisa diekspor. Bappeda tolong dianggarkan APBDP 2020 ini untuk biaya pelatihan bagi petani kopi, agar SDM-nya siap pakai. Sehingga dalam pengolahan kopi kita bisa siap ekspor,” ujarnya.

“Gudang kopi akan kita siapkan juga, dan ini adalah hadiah dari kami untuk kelompok yang sudah juara di tingkat nasional dan sesuai dengan janji saya waktu dulu. Jika SDM kita sudah dilatih, diharapkan agar bisa lebih berkualitas dalam hasil pengolahan kopi. Jika IG kita keluar kita sudah siap pakai, sehingga kopi kita bisa untuk go internasional,” timpalnya.

Baca Juga : Korban Jiwa Ledakan Besar di Lebanon Bertambah Jadi 78 Orang

Untuk kelompok yang sudah juara ini, Bupati Merangin dua periode ini mengatakan akan diberi reward berupa gudang kopi. “Mohon kepada petani agar dalam pengolahan tetap menjaga mutu kopinya. kita berharap kelak bahwa kopi kita bisa menjadi salah satu sektor yang bisa membantu pembangunan daerah kita,” tandasnya. (*)

Pos terkait